Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ridwan Kamil Sulap Eks Gedung DPRD Jadi Bandung Planning Galery

Kompas.com - 11/04/2015, 14:00 WIB
Kontributor Bandung, Putra Prima Perdana

Penulis


BANDUNG, KOMPAS.com — Wali Kota Bandung Ridwan Kamil menyulap bekas gedung DPRD di Jalan Aceh, Kota Bandung, menjadi sebuah galeri khusus untuk memamerkan proyek-proyek pembangunan di Kota Bandung yang disebut Bandung Planning Galery.

"Bekas gedung DPRD lama akan dijadikan ruang transparansi kebijakan publik, di mana semua rencana pembangunan Kota Bandung akan dipajang di sana," kata pria yang kerap disapa Emil itu di Jalan Braga, Sabtu (11/4/2015).

Galeri tersebut diharapkan bisa dimanfaatkan oleh warga untuk mencari informasi tentang proyek-proyek pembangunan di daerah masing-masing.

"Visi masa depannya, warga bisa mengomentari proyek-proyek yang akan. Warga juga belajar sejarah. Di dalamnya ada pameran tentang geologi, tata ruang, tidak hanya pembangunan yang akan hadir," imbuhnya.

Selain itu, pengembang dan pengusaha yang akan berinvestasi di Kota Bandung bisa dievaluasi oleh semua pihak. Di galeri tersebut, nantinya juga disediakan saluran kritik.

"Pengembang juga tahu kalau di Bandung harus terbuka, jadi mereka harus menempel karyanya di awal," ucapnya.

Emil mengatakan, konsep galeri tersebut terinspirasi oleh beberapa kota modern di seluruh dunia, seperti Singapura dan Shanghai.

"Sama seperti kota-kota dunia lainnya," tandas Emil.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com