Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dua Gudang Berisi Belasan Sepeda Motor Curian Digerebek

Kompas.com - 26/03/2015, 19:35 WIB
Kontributor Mataram, Karnia Septia

Penulis


MATARAM, KOMPAS.com - Kepolisian Daerah Nusa Tenggara Barat (NTB) menggerebek dua gudang berisi belasan sepeda motor hasil curian yang berlokasi dekat dengan Pelabuhan Teluk Awang, Lombok Tengah, Kamis (26/3/2015).

Menurut Kasubdid III Jatanras Ditreskrimum Polda NTB AKBP M Eka Faturahman, penggerebekan gudang sepeda motor hasil curian dilakukan sekitar pukul 17.00 Wita di dua lokasi berbeda. Menurut dia, penangkapan ini merupakan hasil pengembangan dari tertangkapnya penadah Amaq Murni sebelumnya.

"Gudang pertama di Desa Mertak, Lombok Tengah kita temukan 13 unit dan di Desa Kidang kita temukan dua unit sepeda motor yang diduga juga merupakan hasil curian. Total ada 15 unit sepeda motor," kata Eka, Kamis (26/3/2015).

Menurut Eka, petugas menemukan 13 sepeda motor yang disembunyikan di rumah kosong (gudang) yang berjarak sekitar 200-500 meter dari Pelabuhan Teluk Awang. Saat ditemukan, kondisi nomor rangka mesin sudah rusak. Kuat dugaan bahwa belasan sepeda motor ini merupakan hasil curian dari beberapa wilayah di Pulau Lombok.

Menurut Eka, pelaku diduga menggunakan gudang ini untuk menyimpan sepeda motor hasil curian. Setelah terkumpul banyak, sepeda motor hasil curian ini akan disebrangkan ke luar pulau Lombok. Dugaan keterlibatan jaringan antar pulau ini diperkuat dengan jarak gudang yang cukup dekat dengan Pelabuhan Teluk Awang.

"Diindikasikan barang-barang ini sudah siap untuk didistribusikan ke luar Pulau Lombok melalui Pelabuhan Awang. Sudah disiapkan kapal dan akan dikirim ke luar pulau, apakah itu Sumbawa atau Bali belum tahu. Kita masih kembangkan," kata Eka.

Eka mengatakan, selain di gudang tersebut polisi juga menemukan dua unit sepeda motor hasil curian yang disimpan di sebuah rumah kosong di Desa Kidang, Lombok Tengah. Lokasi kedua ini berjarak sekitar 10-15 Km dari lokasi penemuan pertama.

"Saat ini masih kita kembangkan, tidak menutup kemungkinan ada lokasi-lokasi lain," kata Eka.

Eka mengatakan, barang bukti sepeda motor tersebut selanjutnya akan diangkut ke Mapolda NTB. Bagi masyarakat yang merasa kehilangan sepeda motor, bisa datang ke Polda NTB untuk mengecek langsung. Selanjutnya, pihaknya akan berkoordinasi dengan Polres dan Polsek terkait data laporan kehilangan masyarakat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com