Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengurus Nasdem Buton Dipecat, Puluhan Kader Bakar Atribut Partai

Kompas.com - 24/03/2015, 16:08 WIB
Kontributor Kendari, Kiki Andi Pati

Penulis

KENDARI, KOMPAS.com - Puluhan kader dan simpatisan Partai Nasional Demokrat (Nasdem), Selasa (24/3/2015), membakar atribut partai di depan kantor Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Nasdem yang berlokasi di Jalan Buburanda, Kecamatan Mandonga, Kendari.

Atribut partai yang dibakar berupa bendera dan poster bergambar pimpinan partai Surya Paloh. Massa juga merobek baligo berukuran 4x6 meter yang terpampang di kantor Nasdem Sultra, sebagai bentuk protes terhadap pemecatan seluruh pengurus DPD II Buton oleh ketua Surya Paloh dan sekretarisnya, Patrice Rio Capela. Massa sempat memanjat kantor yang tertutup dan menendang pintunya.

"Kami ini perintis DPD Nadem Buton, diberhentikan tanpa jelas kesalahan. Tiba-tiba bulan Desember 2014, muncul SK baru yang hanya mengamodir tiga orang sebagai pelaksana tugas Partai Nasdem," kata Soelaiman, anggota Dewan Pembina Partai Nasdem Buton di sekretariat DPW Nadem Sultra, Selasa siang.

Puluhan massa yang menamakan diri Barisan Rakyat Korban Restorasi (Barakode) Sultra ini meminta agar DPP Nasdem tidak semena-mena dalam membangun partai.

"Kita minta kepada Surya Paloh untuk mengurus DPD dengan benar dan mendesak DPP Partai Nasdem untuk menormalkan struktur kepengurusan DPD Nasdem Buton, serta memberikan klarifikasi alasan pembekuan DPD Buton," teriak Rahman Paramai, koordinator aksi.

Rahman juga meminta kepada pengurus DPP Nasdem untuk menghentikan cara-cara pemecatan yang tak beretika serta tidak melakukan pembunuhan karakter kader.

Sementara itu, di lokasi demi, para kader dan simpatisan tak berhasil menemui satupun pengurus DPW Nasdem.

Wakil ketua DPW Nasdem Sultra, Asnan Laamba, dihubungi melalui telepon selulernya, menjelaskan, pemberhentian Ketua Nasdem Buton Alkalim karena yang bersangkutan terpilih sebagai anggota DPRD Sultra.

"Bukan dipecat, tapi kita ganti agar Pak Alkalim fokus di dewan. Untuk pengurus yang lain tidak ada juga pemecatan," ungkap Asnan.

Lanjut Asnan, pihaknya telah memanggil ketua DPD Nasdem Buton untuk diberikan penjelasan terkait pergantian pengurus.

"Kita sudah undang Alkalim, tetapi sampai saat ini dia tidak pernah datang ke DPW," tukasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com