Ini Tiga Calon Kuat Pemimpin Keraton Yogyakarta - Kompas.com

Ini Tiga Calon Kuat Pemimpin Keraton Yogyakarta

Kontributor Yogyakarta, Wijaya Kusuma
Kompas.com - 23/03/2015, 15:49 WIB
KOMPAS.com/Yustinus Wijaya Kusuma Raja Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat, Sri Sultan Hamenkubuwono X di Bangsal Kencana, Jumat (6/3/2015) mengeluarkan sabdatama.
YOGYAKARTA, KOMPAS.com — Sosok yang nantinya akan menjadi pemimpin Keraton Yogyakarta adalah sepenuhnya tugas dari raja. Namun demikian, jika dilihat dari sisi keilmuan, bisa dipetakan dalam aristokrasi pohon keturunan.

Dosen Jurusan Politik dan Pemerintahan Fisipol Universitas Gadjah Mada (UGM) Bayu Dardias K menjelaskan, berdasarkan pemetaan itu, terdapat 15 nama yang mungkin bisa menggantikan Sri Sultan HB X. Mereka terdiri dari lima putri Sultan dan 11 adik Sultan yang masih hidup.

Dari jumlah itu, lanjut Bayu, tiga di antaranya memiliki potensi kuat untuk menduduki posisi raja berdasarkan keilmuan. Mereka antara lain GKR Pembayun (putri tertua Sri Sultan HB X), serta Hadiwinoto dan Prabukusumo, keduanya saudara Sri Sultan.

"Dilihat dari pemetaan, tiga kandidat tersebut memiliki potensi yang sama-sama kuat," ujar Bayu dalam Academic Roundtable Discussion "Politik Keistimewaan di Yogyakarta, Harta, Tahta, dan Perebutan Kuasa" di Fisipol UGM, Senin (23/3/2015).

Namun demikian, Bayu menegaskan, pemilihan calon pemimpin Keraton Yogyakarta merupakan hak dari raja, dalam konteks ini adalah Sri Sultan HB X. [Baca juga: Hak Sultan HB X untuk Tentukan Penggantinya Harus Dihormati]

PenulisKontributor Yogyakarta, Wijaya Kusuma
EditorFarid Assifa
Komentar

Terkini Lainnya


Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM