Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nyepi, Jendela Lobi Hotel Ditutup Tirai Hitam

Kompas.com - 21/03/2015, 10:26 WIB
Kontributor Denpasar, Sri Lestari

Penulis


KUTA, KOMPAS.com — Grand Istana Rama Hotel yang terletak di Kuta, Badung, Bali, menutup jendela di lobinya dengan tirai hitam. Hal itu dilakukan selama Nyepi yang berlangsung sejak Sabtu (21/3/2015) pukul 06.00 Wita hingga 24 jam ke depan.

Asisten Manajer Marketing Grand Istana Rama Hotel, Umu Kulsum Sastroatmodjo, menjelaskan, jendela di lobi ditutup tirai hitam agar kegiatan di dalam lobi hotel tidak tampak dari luar.

"Kita memang memasang tirai hitam di setiap jendela yang ada di lobi hotel dan penutupan kain di restoran. Ini adalah Nyepi, kita menghargai itu. Kita pihak hotel ingin Nyepi dalam keadaan khusuk, hikmat," kata Umu di Kuta, Badung, Bali.

Umu menyampaikan bahwa pihak hotel diizinkan mengadakan kegiatan asal tidak menimbulkan kegaduhan, keramaian, dan tidak tampak dari luar. Sejak pagi, karyawan memasang kain hitam di jendela dan pintu yang merupakan kaca bening.

"Ini untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Apalagi, petugas Desa Adat Kuta terus melakukan pantauan keliling di kawasan Pantai Kuta. Kami tidak mau melanggar aturan apa pun," ucapnya.

Pantauan Kompas.com, suasana di kawasan Pantai Kuta tampak lengang. Umat Hindu di Bali melaksanakan brata penyian yang harus melakukan empat hal, yakni Amati Geni, yaitu tidak menyalakan lampu; Amati Karya, yaitu tidak melakukan aktivitas kerja; Amati Lelungan, yaitu tidak bepergian; dan Amati Lelanguan, yaitu tidak melakukan kegiatan hiburan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com