Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mahasiswa Gelar Aksi "Siap Antar Pulang Jokowi ke Solo"

Kompas.com - 20/03/2015, 14:06 WIB
Kontributor Surakarta, M Wismabrata

Penulis

SOLO, KOMPAS.com - Ratusan mahasiswa dari Univseritas Sebelas Maret Surakarta (UNS) memblokade jalan Jalan Ir. Sutami, Solo, Jawa Tengah, Jumat (20/3/2015). Demo ini sebagai bentuk desakan kepada Pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla mundur.

Aksi ini membuat repot petugas kepolisian. Dengan setengah badan jalan tertutup membuat arus lalu lintas merayap bahkan macet di perlintasan provinsi Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Dengan bertajuk "Indonesia Darurat dan Antar Pulang Jokowi ke Solo" tersebut dipicu naiknya harga kebutuhan pokok dan mandeknya pengusutan kasus korupsi.

Spanduk berukuran besar bertuliskan "Indonesia Darurat Antar Pulang Pak Jokowi ke Solo" menjadi perhatian utama para warga yang juga turut menyaksikan aksi tersebut.

Orasi berisikan desakan Pemerintah untuk segera menurunkan harga pokok seperti beras, dilantangkan peserta aksi. Selain itu, peserta aksi mengritik kelemahan Pemerintah dalam menegakan keadilan dalam kasus korupsi.

"Seharusnya Pemerintah tidak pandang bulu dalam menegakan keadilan terhadap para koruptor. Jokowi harus tegas karena korupsi sudah menyengsarakan rakyat," kata salah satu peserta aksi dalam orasinya.

Mahasiswa juga mengritik budaya politik pencitraan yang dianggap sering dilakukan oleh Jokowi. "Kita desak Jokowi untuk lebih kerja nyata dan jangan ada lagi pencitraan dan terpengaruh pada kepentingan politik. Jangan tinggalkan rakyat kecil," kata Eko Pujianto, koordinator aksi. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com