Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wali Kota Risma Nonton Arak-arakan Ogoh-ogoh di Tugu Pahlawan

Kompas.com - 20/03/2015, 13:31 WIB
Kontributor Surabaya, Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com - Ratusan umat Hindu berkumpul di Surabaya, Jumat (20/3/2015), menggelar upacara Tawur Agung Kesanga, menjelang Hari Raya Nyepi. Mereka mengarak tiga patung Ogoh-ogoh mengelilingi monumen Tugu Pahlawan.

Sebelum tiga patung ogoh-ogoh ukuran besar itu diarak, upacara dibuka dengan memanjatkan doa, dilanjutkan dengan penyucian sesajen. Acara ini dihadiri Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini. Ada pula pengamanan puluhan personel Polrestabes Surabaya.

Sore hari menjelang senja nanti, tiga patung ogoh-ogoh itu akan dibakar di Pura Segara, Pantai Kenjeran, Surabaya.  "Ogoh-ogoh yang diarak menggambarkan sifat buruk dan nafsu duniawi yang ada dalam diri manusia. Ini merupakan simbol penyucian diri sebelum melaksanakan ibadah Nyepi," kata Ketua Walaka Parisada Hindu Dharma Indonesia Jawa Timur Nyoman Sutantre.

Tidak seperti tahun-tahun sebelumnya, kali ini penyelenggara hanya menyiapkan tiga patung ogoh-ogoh saja. Hal ini karena penyelenggara memprediksi singkatnya waktu upacara. "Tahun ini bertepatan dengan hari Jumat, sekaligus penghormatan kepada warga muslim yang akan melaksanakan shalat Jum'at," kata dia.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com