Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

JK: KNPI Jangan Hanya Urus Politik

Kompas.com - 27/02/2015, 04:56 WIB
Kontributor Kompas TV, Alfian Kartono

Penulis


JAYAPURA, KOMPAS.com – Wakil Presiden Republik Indonesia, Jusuf Kalla berpesan kepada kader Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) tak hanya fokus mengejar karir politik kekuasaan untuk menghidari perpecahan. Bertindak sebagai pemateri dalam Kongres KNPI ke-14 di Gedung Olah Raga Cenderawasih, Jayapura, Kamis (26/2/2015), Kalla mengingatkan pengurus KNPI bahwa organisasi tersebut merupakan payung dari berbagai organisasi kemasyarakatan pemuda (OKP) dari berbagai latar belakang yang berbeda, dan kepentingan berbeda pula.

“Pengurus KNPI jangan hanya mementingkan karir politik kekuasaan, karena organisasi ini dihuni organisasi yang beragam. Jika berpikir politik dukung mendukung pasti akan terpecah. KNPI tak mudah berbicara politik, karena harus mengayomi aspirasi organisasi pemuda yang lain,” jelas Kalla.

Menurut Kalla, pasca-reformasi, organisasi kemasyarakatan, pemuda ataupun profesi mendapat tantangan lebih karena harus berkompetisi dengan berbagai organisasi lain.

“Dulu organisasi kepemudaan merupakan sebuah otoritas, tangga yang jelas, karir yang jelas dan merupakan amanah yang jelas. Namun sekarang dengan semakin beragamnya organisasi, menjadi tantangan untuk membuktikan mana yang mampu memberikan yang terbaik untuk bangsa,” jelas Kalla.

Kalla meminta KNPI harus mempunyai visi yang jelas untuk menghadapi tantangan bangsa menghadapi persaingan pada masa mendatang. Tantangan terdekat menurut Kalla, adalah era ekonomi terbuka di kawasan Asia Tenggara. Walau secara jumlah penduduk Indonesia paling besar, namun dari segi ekonomi Indonesia masih kalah dibanding Singapura, Malaysia dan Thailand.

“Masalah ke depan adalah kemajuan bangsa ini. Kemajuan itu harus disertai pikiran profesional, kemampuan menguasai teknologi disertai kemampuan kewirausahaan untuk memenangi persaingan kedepan,” jelas Kalla.

Usai menyampaikan materi dalam Kongres KNPI yang dihadiri pengurus DPP, dan DPD tingkat 1 dan 2 dari seluruh Indonesia, Kalla langsung bertolak ke Ambon, Maluku untuk menghadiri Rapat Kerja Nasional Asosiasi Pemerintahan Provinsi Seluruh Indonesia. Kongres Komite Nasional Pemuda Indonesia ke-14 yang berlangsung di Jayapura sejak 24 hingga 28 Februari mendatang dengan agenda utama pemilihan ketua umum DPP KNPI.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com