Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aksi Siswa SD "Kumpul Koin" untuk Australia Dijadikan Pelajaran Bela Bangsa

Kompas.com - 23/02/2015, 15:41 WIB
Kontributor Surakarta, M Wismabrata

Penulis

SOLO, KOMPAS.com — Pernyataan Perdana Menteri Australia Tony Abbott yang mengungkit bantuan korban bencana tsunami di Aceh demi membebaskan dua warga negaranya dari eksekusi hukuman mati di Indonesia mengundang reaksi masyarakat.

Sejumlah siswa sekolah dasar (SD) ikut tergerak untuk menyumbangkan koin kepada sejumlah mahasiswa di Aceh yang sedang melakukan aksi pengumpulan koin demi melunasi bantuan yang pernah dikucurkan Australia kala itu.

Mereka adalah siswa Sekolah Dasar Islam Al Fatah, Solo, yang mengumpulkan koin di depan kompleks Stadion Manahan, Senin (23/2/2015). Aksi pengumpulan koin tersebut digagas oleh para guru untuk mengajarkan nilai bela bangsa.

"Aksi anak-anak tersebut menyumbang koin untuk Australia yang sudah melecehkan Indonesia. Selain itu, (tujuan aksi ini) anak-anak juga peduli akan bangsanya," kata Warsito, Kepala SD Al Fatah.

Pihak sekolah berencana mengirimkan koin dari 138 siswa itu kepada Kedutaan Besar Australia di Jakarta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com