Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tanpa Sebab, Seorang Pasien Mengamuk di UGD

Kompas.com - 18/02/2015, 09:58 WIB
Kontributor Manado, Ronny Adolof Buol

Penulis


MANADO, KOMPAS.com
- Perawat di Instalasi Gawat Darurat (IGD) Rumah Sakit Prof Kandouw Malalayang mengikat Hans Kalangit, warga Kamangta, Kecamatan Tombulu, Minahasa, Rabu (18/2/2015).

Pasien yang dirawat di IGD tersebut diikat kedua tangan dan kakinya ke tempat tidur karena terus menganggu pasien lainnya sejak Selasa (17/2/2015) malam. Bahkan, tadi pagi, Hans mengamuk dan mengajak berkelahi temannya yang sedang menjaganya.

Beberapa kerabat pasien lainnya menceritakan bahwa Hans mendatangi tempat tidur pasien lain sejak tengah malam hingga subuh. Dia bahkan beberapa kali memaksa ikut tidur di ranjang pasien lainnya.

"Awalnya dia biasa saja, tapi tiba-tiba sikapnya menjadi aneh. Dia mencabut selang infus lalu mulai berjalan keliling ruangan dan ganggu pasien lain," ujar Willy, salah satu keluarga pasien yang sedang berjaga.

Puncaknya pagi tadi, saat temannya datang menjaganya, Hans mengamuk. Dia bahkan mengajak temannya itu berkelahi. Melihat situasi yang tidak mengenakkan, perawat yang dibantu petugas keamanan IGD mengikat Hans ke ranjangnya.

Sementara itu, teman yang menjaga Hans mengatakan tidak tahu-menahu soal keluarganya.

"Saya ini hanya kenal saja dirinya, saya kasihan sama dia, jadi ikut jaga. Katanya, keluarganya mau datang," ujar teman Hans yang tidak mau disebutkan namanya.

Kejadian tersebut sontak membuat ruangan IGD menjadi riuh. Dari keterangan temannya, Hans masuk IGD tiga hari lalu. Keluarganya hanya sekali datang dan setelah itu tidak datang lagi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com