Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bangun "Smart City", Kukar Gandeng Kadin Jepang

Kompas.com - 10/02/2015, 20:51 WIB
Kontributor Samarinda, Gusti Nara

Penulis

SAMARINDA, KOMPAS.com - Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) Kalimantan Timur bersama Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) melakukan kerja sama dengan Kitakyushu Economic Federation asal Jepang. Kerja sama ini dilakukan untuk membantu pembangunan di Kukar.

Dihubungi via telepon, Kepala Badan Penanaman Modal dan Promosi Daerah (BPMPD) Kukar Bambang Arwanto mengatakan, Kitakyushu Economic Federation merupakan Keidanren atau Kadin-nya Kota Kitakyushu, Jepang. Melalui Kadin Indonesia, Kitakyushu akan menginvestasikan modalnya untuk pembangunan "Smart City" (Kota Pintar) dan bandara di Kukar.

“Hari ini kami akan lakukan Memorandum of Understanding (MoU) antara pihak Pemerintah Kota Kitakyushu, Kadin Indonesia dan Pemkab Kukar,” katanya, Selasa (10/2/2015).

Penandatangan MoU rencananya akan dilaksanakan di Balai Kota Kitakyushu, 1-1 Jonai, Kokurakita- ku, Jepang. Penandatangan tersebut akan dihadiri juga oleh Bupati Kukar Rita Widyasari dan perwakilan Kadin Indonesia bidang infrastruktur, Daud Zulhanar Usman.

“Wacana akan kerja sama ini sudah lama. Jepang menyatakan minat bekerja sama melalui Kadin Jepang dengan Kadin Indonesia, tapi payungnya Pemkab Kukar juga harus mengetahui dan baru ini bisa di realisasikan,” terang Bambang.

Sekadar diketahui, Kitakyushu dikenal sebagai "Kota Pintar" di Jepang. Kota ini memiliki proyek percontohan masyarakat pintar dalam sistem energi mandiri. Bahkan di wilayah Higashida, pembangkit listrik dengan kapasitas 15 kwh menggunakan energi angin dan produksinya serta pemanfaatan energinya dipantau 24 jam setiap harinya. Apabila pada jam tertentu terjadi lonjakan penggunaan listrik, maka harga listrik akan dinaikkan dengan tujuan agar masyarakat didorong untuk berhemat, terutama pada jam sibuk sekitar pukul 13.00 – 17.00 waktu setempat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com