Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mari Bersepeda ke Tambora! Pendaftaran Dibuka Pukul 00.00 WIB

Kompas.com - 10/02/2015, 00:03 WIB
Dian Maharani

Penulis

 

JAKARTA, KOMPAS.com – Pada 5 dan 12 April 2015, Indonesia memeringati 200 tahun letusan dahsyat Gunung Tambora, di Pulau Sumbawa, Nusa Tenggara Barat. Indonesia bahkan dunia akan memperingati  letusan gunung berapi yang getarannya terasa hingga Benua Eropa itu. Termasuk harian Kompas dengan menggelar Tambora Bike.

Ajang bersepeda ke Gunung Tambora yang paling dinanti para pesepeda ini akan digelar pada 9-11 April 2015 dengan menempuh jarak 408 kilometer (km). Bagi Anda yang sudah tak sabar, pendaftaran mulai dibuka, Selasa (10/2/2015) pukul 00.00 WIB.

Melalui ajang bersepeda ini, harian Kompas bekerja sama dengan pemerintah provinsi mengajak masyarakat di seluruh Indonesia dan negara lain untuk lebih mengenal dan mencintai Gunung Tambora.

"Kita ingin memperkenalkan Sumbawa melalui sepeda maupun Gunung Tambora ke dunia Internasional," ujar Ketua Panitia Tambora Bike, Jannes Eudes Wawa di Jakarta, Senin (9/2/2015).

Tambora Bike akan dibagi dalam tiga etape. Pesepeda akan mulai dari Kota Mataram dan berakhir di Pancasila, salah satu kaki Gunung Tambora di Kabupaten Dompu.

Etape I yaitu, Mataram-Pototano-Utan (125 km) dan menyebrang dengan kapal selama 1,5 jam. Kemudian etape II, yaitu melanjutkan perjalanan dari Utan ke Pidang (160 km), dan etape III dari Pidang ke Dorocanga (123 km).

Tambora bike akan penuh petualangan. Peserta hanya akan menginap satu malam di hotel saat berada di Kota mataram. Malam selanjutnya akan menginap di tenda yang disediakan panitia.

Peserta kali ini terbatas hanya 200 orang dengan biaya per orang Rp 6.800.000. Pendaftaran dan info selengkapnya dapat dilihat di bike.kompas.com. Mari bersepeda ke Tambora!

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com