Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

JK Buka Kongres Umat Islam Indonesia VI di Yogyakarta

Kompas.com - 09/02/2015, 12:51 WIB
Kontributor Yogyakarta, Wijaya Kusuma

Penulis


YOGYAKARTA, KOMPAS.com
- Wakil Presiden RI Jusuf Kalla menghadiri acara pembukaan Kongres Umat Islam Indonesia VI yang digelar di Pagelaran Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat, Senin (9/2/2015).

Tepat pukul 10.00 Wib, JK tiba di Pagelaran Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat dan disambut oleh Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia Muhammad Din Syamsudin, Menteri Agama Lukman Hakim Saifudin, dan Mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah Buya Syafii Maarif.

Turut hadir pula Wakil ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat RI Hidayat Nur Wahid, Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa dan Gubernur DIY Sri Sultan HB X.

Kongres Umat Islam Indonesia VI akan digelar selama empat hari mulai tanggal 8-11 Februari 2015. Tema yang diangkat adalah "Penguatan Peran Politik, Ekonomi, dan Sosial Budaya Umat Islam untuk Indonesia yang Berkeadilan dan Berperadaban".

Din Syamsudin mengatakan Yogyakarta dipilih menjadi tuan rumah karena memiliki nilai-nilai historis.

"Ngarso Dalem, izinkan kami dan seluruh elemen umat Islam untuk kembali lagi ke Yogyakarta menggelar Kongres Umat Islam Indonesia ke-6," ujar Din dalam pidatonya di acara pembukaan.

Din mengungkapkan, Yogyakarta dulu pernah menjadi tempat kongres Umat Islam Indonesia setelah kemerdekaan tahun 1945.

"Kasultanan Yogyakarta juga salah satu Kasultanan Islam. Ini lah alasan kenapa Yogyakarta dipilih menjadi lokasi kongres keenam umat Islam Indonesia," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com