Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Semburan Gas Muncul dari Tanah, Warga Majalengka Khawatir

Kompas.com - 27/01/2015, 18:31 WIB
Kontributor KompasTV, Muhamad Syahri Romdhon

Penulis


MAJALENGKA, KOMPAS.com
– Warga di Desa Bongas Wetan, Kecamatan Sumber Jaya, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, dikagetkan dengan adanya tanah yang mengeluarkan gas. Masyarakat khawatir tanah yang mengeluarkan gas di beberapa titik itu bisa membahayakan keselamatan dan kesehatan warga sekitar.

Ketika warga menunjukkan keberadaan gas dengan meletakkan lembaran kertas di atas sumber gas, kertas tersebut langsung terbakar. Selain mudah membakar, aroma gas juga sempat tercium.

Awalnya, warga mengganggap hal itu biasa. Namun setiap hari, titik tanah yang mengeluarkan gas terus bertambah. Hal itu terlihat jelas, setelah diguyur hujan.

Endang Nuryadin, Kaur Kesra, Desa Bongas Wetan, mengungkapkan, tanah yang mengeluarkan gas terjadi di beberapa titik. Ia memprediksi kebocoran gas tersebut, berkaitan dengan proyek pengeboran Pertamina yang memang berdekatan dengan desa ini.

“Kami menduga, kebocoran gas ini ada kaitannya dengan Pertamina. Pasalnya pengeboran Pertamina juga sangat dekat dari sini,” ungkap Endang.

Dia mengaku akan melaporkan kejadian tersebut kepada pemerintah untuk segera mendapatkan penanganan. Sarna, salah satu warga, berharap, pihak berwenang, pemerintah segera menangani kebocoran gas. Apalagi kebocoran ini terjadi di beberapa titik di sekitar desa. Mereka khawatir, gas tersebut membahayakan kondisi warga sekitar, khususnya anak-anak.

“Kalau tanah yang mengeluarkan gas, titiknya banyak sekali. Itu terlihat setelah hujan turun. Tapi kalau yang cukup besar, dan dapat membakar ada dua. Meski demikian, kami berharap ini segera ditangani, karena takut ada apa-apa,” harapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com