Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ikut 'Touring' Motor, Bupati dan Kapolres Polman Tabrakan

Kompas.com - 17/01/2015, 16:18 WIB
Kontributor Polewali, Junaedi

Penulis

POLEWALI MANDAR, KOMPAS.com - Rombongan touring motor kelilling gunung yang diikuti Bupati Polewali Mandar Andi Ibrahim Masdar dan Kapolres Polman Ajun Komisaris Besar Agoeng Adi Kurniawan terlibat tabrakan beruntun di Desa Rea Kecamatan Binuang Polewali Mandar, Sabtu (17/1/2015).

Akibat kecelakaan ini, Kapolres dan Bupati Polman sempat jatuh pingsan dan terkapar di jalan.

Tabrakan beruntun ini bermula ketika puluhan rombongan touring motor gede (moge) keliling gunung di Polewali Mandar. 

Andi Radi, yang memandu jalannya touring tiba-tiba mengerem mendadak di puncak tanjakan jalan untuk memberi aba-aba kepada para rombongan agar berbelok ke arah kanan. Sementara Bupati Polewali Mandar Andi Ibrahim dan Kapolres yang berada di belakang bersama rombongan lain memacu kendaraan mereka sambil menanjak di jalan terjal.

Bupati yang tak bisa melihat kendaraan dari arah depan tiba-tiba menabrak Andi Radi yang sedang memberi aba-aba. Kapolres Agoeng Adi Kurniawan yang berada di belakang juga ikut menabrak Bupati.

Sementara Kapolres dan Bupati yang terkapar di jalan terakhir ditabrak Udin, salah satu staf Bupati yang ikut dalam rombongan.

Bupati dan Kapolres yang sama-sama terjatuh dan terkapar langsung dilarikan ke Rumah Sakit Umum Daerah Polewali Mandar untuk menjalani perawatan. Namun mereka kini telah diperbolehkan pulang karena lukanya dianggap tidak parah.

Sementara staf Bupati yang terakhir kali mengalami kecelakaan setelah menabrak Kapolres sempat menangis ketakutan lantaran ia merasa bersalah menabrak Kapolres dan Bupati yang sedang terkapar di jalan bersama motornya.

Ammang salah satu saksi mata di lokasi, menyebut rombongan Bupati dan Kapolres tak mengetahui ada orang di depannya lantaran kondisi jalan yang menanjak.

Beruntung dalam kecelakaan ini baik Bupati maupun Kapolres hanya memgalami luka ringan dan cedera di bagian pergelangan tangan saat terjatuh bersama motor gede yang dikendarainya.

Alam Bustamin, pegawai Dinas Perikanan yang berada di sekitar lokasi kejadian mengatakan tabrakan beruntun di puncak jalan terjal terjadi lantaran para peserta touring tak bisa melihat pengendara dari arah depan.

Kabag Humas Polres Polman, Aiptu Abdul Haris, mengatakan 'Tour Open Wisata' yang rencananya menempuh lima jam perjalan keliling gunung dan sejumlah kecamatan di Polewali Mandar ini adalah kegiatan resmi yang mendapat izin langsung dari Kapolda Sulselbar.

'Tour Open Wisata' kedua kalinya ini juga diikuti sejumlah bupati lain dari Sulsel dan Palu seperti Bupati Sidrap dan Bupati Luwu.

Rute touring yang bermula di Lapangan Pancasila Polewali Mandar menuju Rea, Binuang, Anreapi dan Polewali ini juga singgah di sejumlah titik sebelum berakhir di Lapangan Pacuan Kuda Manding sore nanti.

Meski Baupati Polman Andi Ibrahim Masdar dan Kapolres Polman AKBP Agoeng Adi Kurniawan batal mengikuti touring hingga akhir, namun kegiatan tetap berjalan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com