Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Telanjang Kaki, Ridwan Kamil Resmikan Alun-alun Kota Bandung Baru

Kompas.com - 31/12/2014, 11:50 WIB
Kontributor Bandung, Putra Prima Perdana

Penulis


BANDUNG, KOMPAS.com - Wali Kota Bandung Ridwan Kamil meresmikan Taman Alun-alun Kota Bandung yang baru selesai direnovasi, Rabu (31/12/2014). Peresmian ini merupakan salah satu kegiatan dalam rangkaian acara menyambut pergantian malam tahun baru di Kota Bandung.

"Alhamdulillah setelah tiga bulan di renovasi sekarang kita punya ruang yang bisa dimanfaatkan dan bisa dipersembahkan kepada warga Kota Bandung," kata Ridwan dalam sambutannya, Rabu pagi.

Emil --sapaan akrab Ridwan Kamil-- menjelaskan, sedikit tata ruang di taman seluas 1,2 hektar tersebut. Di bagian selatan atau yang berhadapan langsung dengan Pendopo Kota Bandung, kata Emil, akan dihiasi kebun bunga. Sementara di bagian utara ada halte bus panjang dengan hiasan huruf ALUN-ALUN BANDUNG raksasa yang bisa diduduki. Di tengah-tengah.

Alun-alun baru sengaja dibuat kosong dengan alas rumput hijau sintetis seluas 4.800 meter persegi. "Karena bawahnya beton, secara teknis tidak memungkinan untuk rumput asli. Tiga hari pasti sudah rusak," ujarnya.

Ada satu yang unik dalam peresmian tersebut. Seluruh pengunjung yang datang termasuk para pejabat tidak mengenakan alas kaki. Hal tersebut dimaksudkan untuk menjaga agar rumput sintetis tidak cepat rusak.

Meski demikian, Emil menegaskan kalau tidak ada larangan untuk melepas alas kaki untuk para pengunjung. "Sensasi buka sepatu itu lebih menyenangkan dibanding pakai sepatu, jadi tidak dilarang," tuturnya.

Dengan diresmikannya taman yang memiliki desain menarik tersebut, Emil meminta kepada warga masyarakat untuk menjaga taman tersebut dengan tidak membuang sampah dan merokok sembarangan, terutama di area lapangan rumput sintetis karena mudah terbakar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com