Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Risma Sumbang 200 Kantong Mayat untuk Korban Pesawat AirAsia QZ8501

Kompas.com - 30/12/2014, 17:57 WIB
Kontributor Surabaya, Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com — Tim Badan SAR Nasional (Basarnas) sudah mulai melakukan evakuasi korban pesawat AirAsia QZ8501 yang dipastikan jatuh di perairan Selat Karimata.

Di crisis center, Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini mengaku sudah menyiapkan 200 kantong jenazah dan 65 peti mati. Risma mengatakan, barang-barang tersebut sudah "siaga" di sekitar posko crisis center AirAsia di Terminal II Bandara Internasional Juanda, Surabaya.

"Selain itu, kami juga siagakan 84 mobil ambulans dari sejumlah rumah sakit pemerintah dan swasta di Surabaya, PMI, Dinas Sosial, dan Dinas Kesehatan," ujarnya, Selasa (30/12/2014).

Saat ini, di posko khusus Pemkot Surabaya, masih terus dilakukan verifikasi data korban warga Surabaya. Risma mengatakan, data tersebut akan terus diperbarui untuk kepentingan penanganan pasca-penemuan jasad korban penumpang.

Pesawat AirAsia QZ8501 jurusan Surabaya-Singapura telah ditemukan di Pangkalan Bun, perairan Selat Karimata siang tadi. Berita ditemukannya pesawat buatan 2008 itu disambut haru dan kepanikan keluarga dan kerabat penumpang pesawat. Bahkan, empat orang langsung pingsan setelah melihat evakuasi yang disiarkan salah satu televisi swasta.

Tim SAR yang dikoordinasikan Basarnas berjanji akan melakukan pencarian secara maksimal dengan peralatan yang ada, tidak hanya selama 24 jam, tetapi hingga 48 jam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com