Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Di Satu Desa di Jember, Lebih dari 1.000 Rumah Terendam Banjir

Kompas.com - 29/12/2014, 07:32 WIB
Kontributor Jember, Ahmad Winarno

Penulis

JEMBER, KOMPAS.com - Ribuan rumah terendam banjir di Jember, Jawa Timur. Di Desa Sumberagung, Kecamatan Sumberbaru, misalnya, banjir merendam 1.260 rumah.

"Kamis sudah dapat laporan dan kroscek di lapangan, banjir juga terjadi di Desa Sumberagung ini," kata Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jember, Heru Widagdo, Minggu (28/12/2014).

Menurut Heru, banjir di desa tersebut merata terjadi di semua dusun. Di Dusun Tambakrejo, sebut dia, ada 280 rumah terendam. Lalu, di Dusun Banjar Rejo 280 rumah, Dusun Banjar Rejo Tengah 400 rumah, dan Banjar Rejo 300 rumah.

“Air mulai masuk ke dalam rumah warga sejak Sabtu (27/12/2014) malam, seiring hujan deras yang terus turun," kata Heru. Namun, pada Minggu siang, warga yang rumahnya terendam banjir memilih pulang karena melihat air perlahan surut.

Menurut Heru, banjir ini berasal dari luapan kali yang melintasi desa. "Kami mengimbau warga tetap waspada dan siaga," ujar dia.

Seperti diberitakan sebelumnya, 200 rumah di Desa Pondok Joyo, Kecamatan Sumberbaru, Jember, sudah diketahui terlebih dulu terendam banjir. Tidak ada korban dalam peristiwa itu, tetapi warga sempat mengungsi karena banjir mencapai ketinggian sekitar 50 sentimeter.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com