Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sembari Tunggu Aturan KPU, Kalimantan Utara Mulai Persiapkan Pemilu Gubernur

Kompas.com - 24/12/2014, 18:41 WIB
Ambaranie Nadia Kemala Movanita

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pejabat Gubernur Kalimantan Utara Irianto Lambrie mengatakan, provinsi terbaru di Indonesia ini tengah menyiapkan pemilu gubernur untuk pertama kalinya. Namun, penyelenggaraannya masih menunggu aturan dari Komisi Pemilihan Umum.

"Sudah ada perencanaan, sekarang sudah tahap pendaftaran dari partai bagi calon yang mau maju," ujar Irianto di Jakarta, Rabu (24/12/2014). Rencana awal, pemilu ini akan digelar pada 2015.

Menurut Irianto, belum banyak persiapan yang dilakukan Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara untuk kontestasi politik tersebut, karena juga masih menunggu peraturan dari KPU. "Itu berjalan saja sesuai aturan yang ditetapkan undang-undang. Jadi kita menunggu peraturan KPU-nya karena yang menyelenggarakan kan KPU," kata dia.

Sebelumnya, KPU beserta Badan Pengawas Pemilu dan Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu menyepakati akan segera menyusun rencana strategis yang akan menjadi basis penyelenggaraan pilkada serentak pada 2015.

Rencana strategis tersebut mencakup tahapan pilkada serentak, mulai dari tahapan program jadwal, tahapan pencalonan, tahapan pemutakhiran daftar pemilih tetap, tahapan kampanye, hingga sistem dana kampanye.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com