Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sepi Order, Pelawak Semarang Dirikan Usaha Sedot WC

Kompas.com - 23/12/2014, 15:54 WIB
Kontributor Ungaran, Syahrul Munir

Penulis

UNGARAN, KOMPAS.com — Sejumlah pelawak di Kabupaten Semarang mendirikan Koperasi Paguyuban Lawak Kabupaten Semarang Prima Sejahtera (Koperasi PLKS Prima Sejahtera). Koperasi ini memiliki unit usaha simpan pinjam, serta pengelolaan sampah dan limbah.

"Ya, kehidupan seniman itu kan ya seperti ini, tau sendiri, toh. Apalagi selama ini order tanggapan melawak itu jarang ada, jadi kita buat koperasi untuk meningkatkan taraf hidup pelawak," kata Ketua Paguyuban Lawak Kabupaten Semarang Sarwoto Dower di sela-sela peresmian kantor Koperasi PLKS Prima Sejahtera di Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang, Selasa (23/12/2014).

Dengan berdirinya koperasi ini, lanjut Sarwoto, para pelawak ke depan makin sejahtera karena ditopang perekonomian yang mapan.

Ketua Koperasi PLKS Prima Sejahtera Mulyono Menceng menambahkan, bidang usaha koperasi pelawak tersebut meliputi simpan pinjam, event organizer, serta pengelolaan sampah dan limbah. Usaha pengelolaan sampah, selain untuk bisnis, juga dapat turut menjaga kondisi lingkungan sekitar agar bersih.

"Walaupun pendapatan kecil, seniman kita juga peduli lingkungan. Jadi, salah satu usaha kita antara lain pengelolaan limbah. Kita awali dengan jasa sedot WC dan air limbah rumah tangga ataupun hotel," pungkas Mulyono.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com