Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapal Pengangkut BBM untuk Wasior Tenggelam

Kompas.com - 20/12/2014, 03:55 WIB
Kontributor Kompas TV, Budy Setiawan

Penulis


WONDAMA, KOMPAS.com - Kapal kayu, KM Dua Putri, ditemukan tenggelam di perairan Roswar, Jumat (19/12/2014) malam. Kapal ini mengangkut 50 kilo liter bahan bakar minyak dari Manokwari untuk tujuan Wasior di Kabupaten Teluk Wondama, keduanya di Papua Barat.

“Kami dapat kode berupa lampu senter. Setelah kami dekati, ternyata kode ini dari ABK kapal yang tenggelam,” kata Kapten Kapal KM Gracelia, Petrus Kaloke, Jumat. Kapal penumpang ini pun langsung melemparkan jaket dan ban pelampung.

KM Dua Putri memiliki enam anak buah kapal dan membawa dua penumpang. “Kami temukan semuanya selamat. Mereka berhasil bertahan di atas KM Dua Putri yang terlihat hanya atapnya saja di permukaan air,” kata Petrus.

Sementara itu, Kapten KM Dua Putri, Hasman, mengatakan kapalnya mengalami kerusakan di bagian kemudi, pada Kamis (18/12/2014). “Saat sedang diperbaiki, tiba-tiba gelombang besar datang dan menghantam badan kapal,” tutur dia.

Menurut Hasman, akibat gelombang itu, air masuk ke dalam kapal dan mengenai mesin yang langsung mati. Pelahan, ujar dia, kapal pun tenggelam. “Karena kondisi malam, kami sudah tidak bisa berbuat apa-apa lagi. Kami hanya bertahan di atas atap kapal sambil menunggu bantuan,” tuturnya.

Hasman mengatakan, dua penumpang yang ada di kapalnya adalah karyawan APMS Agung Mulia. “BBM yang kami angkut ada 5 KL milik PLTD Wasior dan sisanya milik Agung Mulia,” ujar dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com