Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Selamat dari Longsor, Fatimah Tak Tahu Kabar Suami dan Anaknya

Kompas.com - 14/12/2014, 12:51 WIB
Kontributor Semarang, Nazar Nurdin

Penulis

BANJARNEGARA, KOMPAS.com — Fatimah (30) duduk lunglai di ranjang perawatan Puskesmas Karangkobar, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah, Minggu (14/12/2014).

Warga Dusun Jemblung, Desa Sampang, Kecamatan Karangkobar, itu selamat meskipun sempat tertimbun lumpur sedalam sekitar 1 meter ketika tanah longsor melanda tempatnya tinggal.

Menurut bidan setempat, Sulistiawati, Fatimah tengah hamil sembilan bulan. "Dia satu-satunya keluarga yang berhasil selamat. Kondisinya sangat lemah, tetapi janin sudah diperiksa dan dalam kondisi sehat," kata Sulistiawati.

Yang lebih mengkhawatirkan sebenarnya adalah kondisi psikologis Fatimah. Lima anggota keluarganya belum ditemukan sampai saat ini. Mereka adalah suami dan anaknya, ayahnya, serta kedua mertuanya.

"Kalau di Dusun Jemblung, sementara ini baru ada satu korban yang ditemukan. Yang lainnya belum. Makanya, dia kondisinya masih lemah," lanjut bidan itu.

Fatimah tidak berada di rumah ketika longsor melanda. Ketika itu, dia sedang memetik sayur di kebun untuk dimasak. "Dia pergi ke belakang rumah, ke kebunnya. Seketika itu, terdengar bunyi dari tebing. Ketika dilihat, semua yang ada sudah rata dengan tanah," ujar Sulistiawati.

Data terakhir dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyebutkan, sejauh ini 20 jenazah korban longsor telah ditemukan. Lima belas di antaranya sudah bisa diidentifikasi.

Di Puskesmas Karangkobar sendiri terdapat delapan jenazah. Tujuh jenazah sudah bisa diidentifikasi dan sudah diambil keluarganya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com