Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Anggota Klub Motor Turun ke Jalan Demi Korban Longsor Banjarnegara

Kompas.com - 13/12/2014, 19:43 WIB
Kontributor Semarang, Nazar Nurdin

Penulis


BANJARNEGARA, KOMPAS.com - Hujan gerimis sepanjang siang hingga sore hari di Kabupaten Banjarnegara tak menyulutkan semangat Dwi Saputra dan empat orang kawannnya menggalang dana untuk korban longsor di Dusun Jemblungan, Desa Sampang, Kecamatan Karangkobar, Banjarnegara. Dwi, begitu panggilannya, nekat hujan-hujanan dengan modal tiga buah kardus.
 
Mereka terlihat berdiri, berjalan dari satu mobil ke mobil lain meminta sedekah para pengendara yang lewat di jalan. Usahanya pun dilakukan terus menerus hingga tak ada kata sia-sia. Dia berhasil mengumpulkan banyak dana yang nantinya akan disumbangkan kepada para korban jiwa atau keluarga korban.
 
"Lumayan mas dapat segini. Nanti akan kami sumbangkan ke korban jiwa," ujar Dwi di tengah aksi penggalangan dana kemanusiaan, Sabtu (13/12/2014) sore.
 
Dengan bekal tiga kardus terbuka yang dituliskan "bantuan kemanusiaan" itu, mereka terus berharap agar pengendara tergugah memberian bantuan. Usahanya pun tak sia-sia, karena kardus yang diedarkan ke pengendara terisi hampir penuh uang suambangan.
 
Dari satu kardus yang terbuka itu, terlihat ada uang Rp 20.000, Rp 10.000, Rp 5.000, Rp 2.000 dan Rp 1.000. Tumpukan uang-uang tersebut dibiarkan bercampur dan tidak dihitung berapa jumlahnya.
 
"Kami mulai dari pagi tadi. Nanti sampai sore jam 5. Rencananya nanti akan kami berikan dalam bentuk logistik, bukan uang," tambahnya.
 
Dwi Saputra dan kawan-kawannya tergerak untuk minta sumbangan, meski dia bukan aktivis sosial. Berkat organisasi klub motor Tiger-Mega Pro (The Taygo), mereka tergerak bersama untuk ikut berperan menggalangkan dana kemanusiaan.
 
Penggalangan dana mereka pun dipisah. Ada yang di perempatan jalan-jalan besar di Banjarnegara, maupun perempatan lain di wilayah perbatasan Wonosobo.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com