Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mahasiswa Blokade Akses Bandara, Polisi Lepaskan Tembakan

Kompas.com - 20/11/2014, 12:48 WIB
Kontributor Ambon, Rahmat Rahman Patty

Penulis

AMBON, KOMPAS.com - Ratusan mahasiswa Universitas Pattimura Ambon yang kembali memblokade ruas Jalan M Putuhena terlibat bentrok dengan aparat polisi, Kamis (20/11/2014).

Ketegangan mulai terjadi setelah polisi berusaha membubarkan aksi blokade jalan yang dilakukan tak jauh dari kampus Unpatti itu. Aksi saling dorong antara mahasiswa dan polisi pun tak dapat dihindari.

Aksi yang merupakan bentuk protes atas naiknya harga bahan bakar minyak (BBM) itu, kemudian berujung menjadi bentrokan setelah koordinator aksi, Anas Wakano ditangkap aparat kepolisian. Anas yang sempat dimasukkan ke dalam mobil polisi kembali dilepas setelah pejabat kampus bernegosiasi dengan aparat kepolisian yang menahannya.

Dalam bentrokan itu, polisi beberapa kali mengeluarkan tebakan ke udara untuk menghalau masa yang mulai beringas. Para mahasiswa yang terdesak lantas memasuki kampus mereka dan menghujani polisi dengan batu.

Sebelumnya, pemblokadean jalan oleh mahasiswa ini sempat dibubarkan paksa oleh aparat TNI, namun setelah mahasiswa bubar, beberapa saat kemudian mereka kembali memblokade jalan itu.

Akibat aksi mahasiswa itu, akses dari dan menuju Bandara Pattimura terganggu karena terhalang ban bekas dan kayu yang dibakar di atas badan jalan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com