Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bencana Banjir di Aceh Jaya Mulai Surut

Kompas.com - 05/11/2014, 10:55 WIB
Kontributor Kompas TV, Raja Umar

Penulis

BANDA ACEH, KOMPAS.com — Banjir di sembilan kecamatan di Kabupaten Aceh Jaya sejak Minggu (1/11/2014) lalu kini mulai surut. Akses jalan pun, yang sempat tergenang banjir, sudah bisa dilalui kendaraan.

"Jalan sudah normal. Pengendara sudah bisa melalui dari Aceh Jaya hingga ke Aceh Barat," kata Amren Sayuna, Kepala BPBD Aceh Jaya, saat dihubungi, Rabu (5/11/2014).

Menurut Amren, sebelumnya, ribuan rumah warga di semua kecamatan di Kabupaten Aceh Jaya terendam banjir setinggi 72 cm hingga 2 meter. Namun, sejak tadi malam, air mulai surut dan sebagian warga yang sebelumnya mengungsi sudah mulai kembali ke rumah mereka. "Sejak tadi malam, ada sebagian warga yang mulai kembali ke rumah," kata dia.

Meski sudah surut, dua kecamatan, yaitu Kecamatan Jaya dan Sampoiniet, masih tergenang air sekitar 50 sentimeter. "Karena yang paling parah banjir di dua kecamatan itu, ada satu rumah tertimbun longsor di kawasan tersebut, sementara genangan banjir juga masih terjadi di lahan perkebunan sawit dan sawah warga," kata dia.

Amren menambahkan, kondisi cuaca terakhir di Kabupaten Aceh Jaya sejak Selasa malam mulai kembali cerah. "Dari tadi malam, cuaca sudah bagus, tidak hujan lagi," ungkap dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com