Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Waspada Ebola, RSUD Brebes Siapkan Ruang Isolasi

Kompas.com - 03/11/2014, 14:15 WIB
Ari Himawan Sarono

Penulis

BREBES, KOMPAS.com - Mewaspadai adanya pasien yang terjangkit virus mematikan yaitu Ebola, membuat Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Brebes, Jawa Tengah, menyiapkan tiga ruang isolasi. Ketiga ruang isolasi sendiri berada di Bangsal Dalam RSUD Brebes, terpisah dari ruangan pasien lainnya.

Berdasarkan pantauan Kompas.com, ruang isolasi memiliki luas sekitar 2X3 meter persegi, berisi tempat tidur, tabung gas, lemari dan tempat infus untuk pasien. Namun, ketiga ruangan tersebut hingga kini belum terisi oleh pasien.

"Ruang isolasi tidak hanya untuk pasien Ebola, bisa digunakan pula untuk yang suspect flu burung dll," kata dr. Khaerudin, selaku Wakil Direktur RSUD Brebes, Senin (3/11/2014).

Menurut dia, hingga kini RSUD Brebes tidak menyiapkan secara khusus seperti penambahan obat-obatan. Namun pihaknya lebih menyiapkan obat-obatan yang bersifat ketahanan tubuh karena Ebola merupakan penyakit dari virus.

"Apabila memang ada pasien yang kita curigai langsung kita isolasi dan melakukan pemeriksaan step by step," ucap dia.

Hingga kini, di Indonesia ada dua warga yang diisolasi akibat terduga mengidap penyakit Ebola. Dari situlah RSUD Brebes selalu bersiap dan tidak menganggap enteng segala penyakit yang bisa masuk kapan saja ke warga khususnya di Brebes.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com