Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Piala Emas Presiden yang Tak Pernah Dipegang Presiden

Kompas.com - 19/10/2014, 18:07 WIB
Kontributor Pamekasan, Taufiqurrahman

Penulis

PAMEKASAN, KOMPAS.com - Sebanyak 24 pasang sapi karapan, berebut piala bergilir dari Presiden Republik Indonesia. Sapi-sapi tersebut berasal dari empat kabupaten di Madura yang sudah memenangkan juara di kabupatennya masing-masing.

Tiap kabupaten mengirimkan enam pasang sapi. Tiga pasang sapi berasal dari golongan menang dan tiga pasang sapi golongan kalah. Mereka diadu kecepatannya di lintasan sepanjang 100 meter, Minggu (19/10/2014) di Stadion R. Sunarto Hadiwidjojo Pamekasan.

Badan Koordinasi Wilayah (Bakorwil) IV Pamekasan, menyiapkan beberapa hadiah, selain tropi bergilir dari Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, berupa replika sapi karapan yang dipasang di atas dua bentang tengah kaki jembatan Suramadu.

Piala bergilir tersebut dibuat dari emas 24 karat dan dirancang khusus oleh seniman asal Yogyakarta. Selain memperebutkan tropi emas bergilir Presiden, ada satu unit mobil dan lima unit motor sebagai hadiahnya.

Penghargaan tersebut, menurut Kepala Bakorwil IV Pamekasan, Jonathan Junianto, sebagai pelecut semangat dan apresiasi perusahaan swasta di Madura atas terselenggaranya karapan sapi piala Presiden yang sudah menjadi simbol budaya Madura dan Jawa Timur.

Dijelaskan mantan Sekretaris KPU Jawa Timur ini, Karapan sapi piala Presiden kali ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Tahun ini Karapan sapi digelar tanpa kekerasan. Pola ini akan terus dipertahankan terus sampai momentum Karapan sapi tahun-tahun selanjutnya.

"Kita tidak ingin Karapan sapi ternodai lagi dengan kekerasan. Sebab itu menodai kebudayaan Madura," kata dia.

Lebih lanjut Jonathan mengungkapkan, pelaksanaan Karapan sapi di Madura membutuhkan pembenahan. Terutama dalam publikasinya. Selama ini, publikasinya masih belum digarap secara profesional. Satu-satunya yang bisa mempublikasikan dengan baik hanya media massa. Sementara yang lain masih belum.

"Kita butuh guide wisata terkait dengan even-even kebudayaan di Madura. Sehingga turis yang mau ke Pamekasan bisa maksimal dan tidak mendapatkan informasi yang salah," tandasnya.

Sampai saat ini, belum ada informasi bahwa Presiden akan datang ke Pamekasan untuk menyerahkan piala kepada pemenang Karapan sapi. Bahkan, sejak Karapan sapi piala Presiden digelar, tidak satupun lima mantan Presiden RI datang ke Pamekasan menyerahkan langsung piala kepada pemenang. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com