Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

25.000 Keluarga di Jateng Kekurangan Air Bersih

Kompas.com - 02/10/2014, 21:51 WIB
Kontributor Semarang, Nazar Nurdin

Penulis

SEMARANG, KOMPAS.com – Kekeringan yang melanda beberapa daerah di Jawa Tengah terus meluas. Berdasarkan catatan Palang Merah Indonesia (PMI) Jateng, terdapat delapan wilayah di Jateng yang telah mengalami kekeringan sehingga membutuhkan suplai air bersih.

Delapan daerah yang dimaksud adalah Kabupaten Wonogiri, Purworejo, Boyolali, Surakarta, Temanggung, Pati, Grobogan, Demak, dan Blora. Delapan daerah itu telah mendapat bantuan air hampir 2 juta liter sejak Agustus hingga 30 September.

“Ada delapan daerah yang mengalami darurat kekeringan dan butuh air bersih. Hingga, tanggal 30 September, kami telah mendistribusikan air bersih sebanyak 1.819.000 liter pada masyarakat di delapan kabupaten,” ujar Ketua Bidang Penanggulangan Bencana PMI Jateng, Thobari HR, di Semarang, Kamis (2/10/2014).

Untuk mendistribusikan air bersih tersebut, PMI mengoperasikan 14 truk tangki air bersih. Tiap truk diisi air bersih berkapasitas 6.000 liter. Distribusi air yang diberikan kepada warga mengacu pada data dari pemerintah daerah setempat yang mengalami kondisi kekeringan.

Dalam catatan PMI, delapan daerah yang mendapat air bersih terdiri dari 37 kecamatan dan 117 desa. Secara keseluruhan ada 25.281 keluarga yang telah disuplai air oleh PMI.

Untuk data keluarga yang mengalami kekeringan, PMI mendapat informasi dari warga setempat dan pemerintah daerah. PMI ingin agar air yang dikirim tersebut tepat sasaran kepada pihak yang membutuhkan.

“Kami koordinasi dengan PMI Kabupaten/Kota bersama dengan pemerintah daerah setempat untuk distribusi bantuan air bersih,” cetusnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com