Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Marak, Penyelundupan Kendaraan Bermotor ke Timor Leste

Kompas.com - 02/10/2014, 09:40 WIB
Kontributor Kupang, Sigiranus Marutho Bere

Penulis

KEFAMENANU, KOMPAS.com — Kepala Polda Nusa Tenggara Timur (NTT) Brigjen (Pol) Endang Sunjaya mengatakan, hingga saat ini sudah banyak kendaraan, baik itu roda dua maupun empat, yang diselundupkan dari NTT ke Timor Leste.

"Berdasarkan data kepolisian dari Timor Leste yang dilaporkan kepada kami, terdapat sekitar 600 lebih kendaraan roda dua dan puluhan kendaraan roda empat yang berhasil diamankan karena tidak memiliki kelengkapan surat kendaraan," kata Endang, Rabu (1/10/2014) malam.

"Kita akan lihat dan berikan data kehilangan dari Jawa dan NTT yang dipegang polisi. Kalau benar ada data yang sama, kendaraannya akan dikembalikan," sambung dia lagi.

Selanjutnya, demi meminimalisasi terjadinya penyelundupan kendaraan bermotor, polisi sudah melakukan pembahasan dengan Kepala Kepolisian Timor Leste di Batugade, Selasa, 30 September lalu.

Sunjaya pun berharap, dua Polres yang berbatasan langsung dengan Timor Leste, yakni Polres Timor Tengah Utara dan Polres Belu, selalu menggelar razia kendaraan bermotor secara rutin.

"Dua Polres ini kita anggap sebagai etalasenya polisi Indonesia karena berbatasan langsung dengan Timor Leste sehingga kita harapkan bisa kerja yang maksimal," ungkap Sunjaya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com