Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sidak Hewan Kurban, Ditemukan Kambing Belum 'Powel'

Kompas.com - 01/10/2014, 16:57 WIB
Kontributor Jember, Ahmad Winarno

Penulis

JEMBER, KOMPAS.com - Dinas Peternakan Perikanan dan Kelautan (Disnakkan) Pemerintah Kabupaten Jember, Jawa Timur, menemukan sejumlah kambing yang dijual untuk hewan kurban, belum powel (giginya tanggal), Rabu (1/10/2014).

“Hari ini kita periksa kondisi kesehatan hewan kurban, baik kambing maupun sapi, di sejumlah titik penjualan hewan ternak. Hasilnya, tadi kita temukan sejumlah kambing masih belum 'powel',” ungkap Kepala Bidang Kesehatan Hewan Disnakkan Jember, Siti Nurul Hayati.

Menurut dia, hewan yang belum memenuhi syarat sesuai ketentuan Islam tersebut, diminta agar tidak dijual kepada masyarakat. “Tadi kita sudah minta, agar kambing yang belum memenuhi syarat itu, untuk dipelihara terlebih dahulu hingga memenuhi syarat,” kata dia.

Nurul menambahkan, sesuai ketentuan syariat Islam, hewan ternak apabila akan dijadikan kurban harus memenuhi sejumlah syarat. Di antaranya, untuk hewan unta telah berusia lima tahun, kemudian sapi telah berusia dua tahun, kambing telah berusia setahun.

“Selain itu, juga harus bebas dari penyakit, serta kondisi hewan kurban tidak dalam keadaan cacat,” ungkap dia.

Dia berharap, dengan pemeriksaan hewan tersebut, masyarakat yang akan memilih hewan kurban bisa tenang dan tidak ragu. “Tetapi masyarakat tetap harus hati, dan teliti saat membeli hewan qurban,” kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com