Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tak Hanya di Aru, Puluhan Anak Balita di Seram Juga Terserang Campak

Kompas.com - 23/09/2014, 14:01 WIB
Kontributor Ambon, Rahmat Rahman Patty

Penulis

AMBON, KOMPAS.com — Penularan penyakit campak di Maluku tidak hanya terjadi di Kabupaten. Penyakit menular ini dikabarkan juga telah menyerang puluhan anak balita Kepulauan Aru di Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB).

Berdasarkan informasi yang dihimpun Kompas.com, sedikitnya sudah ada 20 anak balita yang terserang penyakit campak. Penularan penyakit terpusat di Kecamatan Inamosul yang berada di bagian wilayah pegunungan kabupaten tersebut.

"Memang ada beberapa tetangga saya yang anak balitanya terkena penyakit sarampa (campak) di Kecamatan Inamosul. Mereka saat ini ada yang menjalani perawatan di Puskesmas Inamosul dan sebagian hanya dirawat di rumah," kata seorang warga Inamosul, Martinus Neyte, Selasa (23/9/2014).

Terkait masalah itu, Kepala Bidang Penanggulangan Penyakit dan Bencana Dinas Kesehatan Provinsi Maluku dr Ritha Tahitu kepada wartawan mengaku belum menerima laporan resmi terkait adanya penemuan kasus penularan campak di SBB.

"Memang ada dugaan sudah ada 20 kasus penyakit campak di Kecamatan Inamosul. Namun, itu masih dugaan. Kita belum menerima laporan resmi dari sana," kata dia.

Dia pun mengatakan, jika penularan penyakit tersebut benar terjadi di Kecamatan Inamosul, maka dinas kesehatan setempat akan melaporkan penemuan itu kepada Dinas Kesehatan Provinsi Maluku. "Kalau ada, pasti nanti dilaporkan ke sini," ujar dia lagi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com