Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Meski Menilai Kurang Pas secara Etika, Bupati Kukar Kasih "Jempol" untuk Ahok

Kompas.com - 11/09/2014, 16:56 WIB
Kontributor Samarinda, Hyuna Azamta Asyifa

Penulis


SAMARINDA, KOMPAS.com — Mundurnya Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok dari Partai Gerindra juga ditanggapi Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Rita Widyasari. Rita mengacungkan jempol untuk Ahok lantaran berani memutuskan sesuatu dan sudah menghitung segala konsekuensinya.

"Setiap insan punya prinsip masing-masing. Saya sangat menghargai sikap beliau. Sikap tegas beliau diambil dengan segala konsekuensi, saya hormati itu," kata Rita, Kamis (11/9/2014).

Meski demikian, Rita menilai bahwa sikap tegas Ahok secara etika kurang pas untuk partainya. Pasalnya, Gerindra merupakan partai yang mengusung Ahok untuk maju menjadi orang nomor dua di Jakarta.

"Secara etika kepartaian, sikap tegas itu kurang pas. Sebab, Gerindra merupakan partai pengusung. Akan tetapi, itu secara etika saja," ujarnya.

Sebelumnya diberitakan, Ahok resmi mengajukan surat pengunduran diri kepada DPP Partai Gerindra di Jakarta. Surat pengunduran diri itu diterima Sekretariat DPP Partai Gerindra pada Rabu (10/9/2014) siang.

Pengunduran diri Ahok seiring dengan polemik perbedaan pendapat antara dia dan Partai Gerindra terkait Rancangan Undang-Undang Pemilu Kepala Daerah (Pilkada) yang saat ini masih menjadi pembahasan di DPR RI.

Partai Gerindra dengan Koalisi Merah Putih-nya mengusulkan agar sistem pilkada dikembalikan melalui pemilihan di DPRD. Sementara itu, Ahok berpandangan bahwa pilkada harus dilakukan secara langsung oleh rakyat. Oleh karena itu, saat tidak setuju dengan keputusan partainya, Ahok pun merasa perlu untuk mengundurkan diri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com