Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

50 Hektare Padang Rumput Savana di Bromo Semeru Tengger Terbakar

Kompas.com - 10/09/2014, 02:45 WIB
Kontributor Malang, Yatimul Ainun

Penulis

MALANG, KOMPAS.com - Sebanyak 50 hektare padang rumput atau Sabana di blok Pengol di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru terbakar, Selasa (9/9/2014). Penyebabnya diduga puntung rokok yang dibuang sembarangan oleh seorang pencari rumput.

"Kebarakan diketahui pada sore tadi. Totalnya ada 50 hekatare. Sampai malam ini api belum bisa dipadamkan. Tapi kita sudah mengirimkan beberapa petugas dibantu warga dan relawan untuk memadamkan api," jelas Kepala Balai TNBTS Ayu Dewi Utari, Selasa malam.

Lokasi kebakaran tepatnya di sabana dan perbukitan Teletubies yang luas sabana seluruhnya mencapai 382 hektare. "Ini sudah kebakaran ketiga kalinya di sepanjang 2014. Sebelumnya kebakaran tak jauh dari lokasi kebakaran saat ini," jelasnya.

Kebakaran pertama dan kedua, masing-masing mencapai 2,5 hektare sabana. Kebakaran pertama terjadi pada Lebaran 2014. Awalnya api kecil, tapi lama kelamaan tambah besar akibat angin kencang.

"Sudah ada 40 orang yang coba memadamkan. Itu terdiri dari gabungan petugas dari TNBTS, masyarakat, dan beberapa pengunjung lainnya. Mereka bergotong-royong dengan menggunakan alat seadanya," katanya.

Area sabana memang rawan kebakaran karena rumput ilalang dan rerumputan. Apalagi saat ini musim kemarau, yang banyak rumputnya mengering.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com