Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Remaja 15 Tahun Ikut Bantu Pelaku Pembunuhan Kubur Jasad Ibu Hamil

Kompas.com - 09/09/2014, 15:08 WIB
Kontributor Lampung, Eni Muslihah

Penulis


BANDARLAMPUNG, KOMPAS.com - Dua anak di bawah umur dan satu remaja diindikasikan terlibat dalam kasus pembunuhan seorang wanita hamil di Kecamatan Padang Cermin, Kabupaten Pesawaran.

Kasubdit III Krimum Polda Lampung Kompol Ruli Andi Yunianto mengatakan, tersangka SPR (15) berperan membantu tersangka utama, Agung Suprayitno (20), menguburkan mayat dan membantu menjualkan handphone milik korban.

"Selain itu, ada SN usia 12 tahun berpendidikan terakhir 4 SD berperan membeli HP korban," kata Ruli, Selasa (9/9/2014).

Berikutnya, tersangka STR (17) berperan menerima titipan sepeda motor milik korban yang sudah diubah catnya menjadi warna putih oleh tersangka utama.

Ketiganya dikenakan pasal 480 KUH pidana dengan ancaman penjara paling lama empat tahun penjara. Sabtu (30/8/2014), warga menemukan mayat perempuan dewasa di Desa Gebang, Kecamatan Padang Cermin, Kabupaten Pesawaran.

Saat ditemukan, kondisi mayat dalam kondisi mengenaskan. Diduga, pergelangan tangannya hilang dimakan binatang buas. Dari hasil pemeriksaan, korban ditengarai dibunuh pacar gelapnya sendiri bernama Agung Supratyitno. Korban mengaku dirinya telah hamil dan minta pertanggungjawaban pada tersangka.

"Sempat terjadi perang mulut antara dua pasangan kekasih ini karena Agung menolak lantaran sudah punya istri dan anak," kata Ruli.

Karena ditolak lalu korban marah-marah sehingga membuat tersangka mencekik leher dengan kedua tangannya hingga korban tewas.

"Kemudian pelaku utama mengajak tersangka SPR yang masih anak-anak untuk membantu menguburkan mayat," ujarnya.

Tersangka SPR mencangkul tanah, tetapi karena tanah keras sehingga mayat ditutupi rerumputan dan tersangka menghantamkan batu di bagian kepala tersangka.

"Karena tiga tersangka SPR, SN dan STR masih di bawah umur tidak dilakukan penahanan," kata Ruli.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com