Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kepsek Mengaku Tak Kenali Wajah Siswa yang Berfoto Syur

Kompas.com - 30/08/2014, 12:31 WIB
Kontributor Banyuwangi, Ira Rachmawati

Penulis

BANYUWANGI, KOMPAS.com — Perempuan dalam foto semi-bugil yang diduga merupakan siswi salah satu SMP negeri di Banyuwangi beredar dan diikuti dengan penyebutan nama sekolah. Pihak dari sekolah tersebut kemudian menolak memberikan pernyataan secara detail terkait penyebaran foto ini.

Kepala dari sekolah tersebut mengaku baru mengetahui beredarnya situs yang memuat 11 foto semi-bugil itu setelah ditelepon oleh Dinas Pendidikan Banyuwangi.

"Kita tunggu Senin saja ya. Saya akan mengumpulkan semua guru, termasuk juga siswi yang dimaksud serta orangtuanya, untuk dimintai keterangan. Nanti saya akan buat laporan dulu ke dinas," kata kepala sekolah kepada Kompas.com, Sabtu (30/8/2014).

Namun, ia membenarkan nama yang tertera dalam situs tersebut mirip dengan nama salah satu siswinya yang duduk di kelas II. "Kalau namanya, iya sama. Namun, ya harus saya konfirmasi dulu ke murid yang bersangkutan. Sehari-hari anaknya diam dan baik. Dia juga anak aktif, dan menjadi anggota OSIS. Saya hafal karena sering memberikan pengarahan kepada mereka," papar kepala sekolah itu.

Ia juga mengaku sudah melakukan antisipasi di sekolah yang ia pimpin terhadap penyebaran hal-hal yang berbau pornografi via ponsel. Caranya dengan membuat perjanjian tidak menggunakan dan membawa ponsel selama proses belajar dan mengajar.

"Surat pernyataan sudah ditandatangani oleh semua siswa dan juga wali murid saat mereka masuk ke sekolah sini. Nanti ya. Tunggu hari Senin untuk data lengkap serta kronologi," ujar dia.

Setelah Kompas.com menunjukkan 11 foto semi-bugil di link situs khusus dewasa tersebut, kepala sekolah langsung mengatakan tidak mengenali wajah gadis tersebut. "Kalau ini bukan foto murid saya. Saya sangat hafal. Foto perempuan itu terlalu dewasa untuk ukuran anak kelas II SMP... Kenapa menggunakan nama sekolah ini ya?" kata dia dengan nada heran.

Ia mengaku baru kali pertama melihat tautan situs untuk orang dewasa tersebut. "Saya baru ini melihatnya langsung karena selama ini masih berupa laporan," katanya.

Sementara itu, dari penelusuran Kompas.com ke siswa-siswa di sekolahnya, diketahui bahwa dalam situs tersebut terdapat dua perempuan yang berbeda.

"Kalau dua foto terakhir itu memang dia (siswi yang dimaksud). Kalau yang lain katanya sih kakak kelas. Itu dulu. Sekarang sudah keluar dari sini. Foto ini sudah menyebar ke teman-temannya. Katanya, dia diminta foto seperti itu sama pacarnya biar jadi foto model," kata salah seorang siswa yang ditemui Kompas.com, Sabtu (30/8/2014).

Ia mengaku kenal dengan gadis di dalam foto itu. "Dia baik dan pendiam," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com