Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gus Ipul: Beberapa Daerah di Jatim Berpotensi Muncul ISIS

Kompas.com - 25/08/2014, 22:12 WIB
Kontributor Jember, Ahmad Winarno

Penulis

JEMBER, KOMPAS.com - Wakil Gubernur Provinsi Jawa Timur, Syaifullah Yusuf (Gus Ipul) meminta kepada seluruh pemerintah kabupaten/kota se-Jawa Timur, untuk meningkatkan kewaspadaan terkait semakin maraknya gerakan radikal Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS).

“Saya minta kepada bupati-wakil bupati dan wali kota-wakil wali kota di seluruh Jatim, untuk meningkatkan kewaspadaan dengan merebaknya gerakan ISIS. Apalagi di Jawa Timur, di beberapa daerah ada potensi bermunculan gerakan ini,” ucapnya seusai membuka acara seminar gerakan radikalisme di Indonesia yang digelar di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember, Senin (25/4/2014).

Kata Gus Ipul, Pemprov Jawa Timur telah mengeluarkan Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 51 Tahun 2014 tentang larangan ISIS di Jawa Timur. “Insyallah kita yang mengawali di seluruh provinsi se-Indonesia,” ucapnya.

Pemerintah kabupaten dan kota se-Jatim diharapkan dapat menjalin sinergi dengan organisasi kemasyarakatan serta aparat keamanan untuk menanggulangi gerakan ISIS.

“Pemkab maupun pemkot harus proaktif untuk melakukan sinergi dengan ulama- ulama, untuk mencegah meluasnya gerakan radikalisme. Terutama warga harus juga ikut proaktif, RT/RW juga harus ikut mencegah. Kalau ada orang baru, segera didata, ditanya dari mana, asal-usulnya dari mana biar jelas,” pintanya.

Sementara itu Rektor IAIN Jember, Babun Suharto mengatakan, perguruan tinggi sebagai salah satu elemen penting bangsa, memiliki tanggung jawab untuk memberikan pencerahan, sekaligus memberikan penjelasan secara ilmiah, mengenai bahaya gerakan radikalisme, terutama ISIS.

“Kita punya tanggung jawab kepada masyarakat untuk memberikan pengetahuan kepada mereka, apa itu gerakan radikalisme, mengapa gerakan ini muncul, kemudian apa tujuannya, dan bagaimana bahayanya gerakan ini,” terang dia.

Dalam acara seminar tersebut, dihadirkan empat narasumber dari luar negeri, di antaranya Greg Fealy dari Australian National University, Sally White dari Australia, Edit Schlaffer sebagai aktivis LSM Internasional Austria dan Ulrich Kropiunigg, guru besar Medical University Medical of Vienna.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com