Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Malam Ini, Sultan HB X Buka Festival Kesenian Yogyakarta 2014

Kompas.com - 20/08/2014, 17:52 WIB
Kontributor Yogyakarta, Wijaya Kusuma

Penulis


YOGYAKARTA. KOMPAS.com - Ribuan masyarakat Yogyakarta tumpah ruah di sepanjang jalan Jenderal Sudirman, Rabu (20/8/2014) sore, untuk menyaksikan karnaval pembukaan Festival Kesenian Yogyakarta (FKY) 2014. Acara FKY ke-26 ini akan dibuka secara resmi oleh Gubernur DIY, Sri Sultan HB X, Rabu malam pukul 19.30 wib di Tugu Yogyakarta.

Ribuan masyarakat tua muda bahkan anak-anak mulai terlihat memadati sepanjang jalan Jenderal Sudirman hingga Tugu Yogyakarta sejak pukul 15.00 Wib.

"Acara FKY ini kan salah satu event tahunan terbesar Yogya. Jadi saya menyempatkan waktu untuk nonton," ujar Erika, warga Boyolali Jawa Tengah saat ditemui di area Tugu Yogyakarta.

Erika mengaku baru pertama kali ini menyaksikan FKY. Oleh karena itu, untuk mengobati rasa penasaran, dirinya bersama tiga temannya rela menginap semalam untuk menyaksikan pembukaan gelaran FKY.

"Ini yang ke-26 kalau tidak salah, saya baru kali ini nonton langsung," ucapnya sambil tersenyum malu.

Erika menilai acara karnaval pembukaan FKY ke-26 cukup menghibur namun dia menyayangkan arus lalu lintas di sepanjang jalan yang dilalui arak-arakan peserta karnaval tidak ditutup total sehingga mengganggu.

"Kreatif, menarik dan sangat inovatif tapi enggak tahu kenapa motor-motor bisa sampai di sini dan akhirnya macet. Ada pertimbangan lain ya tidak tahu," tandasnya.

Dalam acara pembukaan ini, panitia juga akan menyediakan sebanyak 26 angkringan di selatan Tugu Yogya atau jalan Margo Utomo. Angkringan tersebut disuguhkan gratis untuk masyarakat dan wisatawan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com