Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gubernur Maluku Usulkan 22 Calon Menteri ke Jokowi

Kompas.com - 19/08/2014, 15:02 WIB
Kontributor Ambon, Rahmat Rahman Patty

Penulis

AMBON, KOMPAS.com - Gubernur Maluku, Said Assagaf menyatakan telah mengusulkan sejumlah nama ke presiden terpilih versi KPU, Joko Widodo untuk dipertimbangkan sebagai menteri. Usulan ini disampaikan Said ke Jokowi menyusul adanya aspirasi masyarakat Maluku agar Jokowi-JK dapat mengakomodasi putra terbaik Maluku dalam kabintet nanti.

“Saya usulkan banyak nama. Ada sekitar 22 nama yang dikirim ke pak Jokowi, tergantung nanti siapa yang dipilih dan dianggap layak," ungkap Said kepada wartawan seusai menghadiri rapat paripurna HUT ke-69 Provinsi Maluku di kantor DPRD Maluku, Selasa (19/8/2014).

Said menjelaskan, 22 nama yang diusulkan sebagai menteri itu berasal dari berbagai latar belakang, mulai dari politisi, teknokrat, akademisi, profesional, pengusaha dan sebagainya.

Menurut Said, nama-nama yang diusulkan itu nantinya akan menjadi referensi buat Jokowi jika mantan wali kota Solo itu memilih putra Maluku untuk dijadikan menteri.

“Kita mengusulkan saja, yang jelas, yang berwenang untuk mengangkat menteri itu hak proregatif presiden. Tapi kita berharap ada wakil dari Maluku di kabinet nanti," harapnya.

Saat ini, lanjut Gubernur Maluku, proses sidang sengketa pilpres masih berlangsung di Mahkamah Konstitusi (MK). Namun jika putusan MK memenangkan pasangan Jokowi-JK, maka keputusan itu harus dapat diterima semua masyarakat di Maluku.

“Pak Jokowi-JK punya komitmen untuk mengembangkan industri kelautan sebagaimana dalam visi-misinya, jadi itu sangat menguntungkan Maluku yang adalah wilayah kepulauan," kata Said.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com