Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapal Pengangkut BBM Meledak dan Terbakar, 3 ABK Kritis

Kompas.com - 15/08/2014, 03:50 WIB
Kontributor Kompas TV, Budy Setiawan

Penulis


MANOKWARI, KOMPAS.com - KM Restu Ilahi yang mengangktu bahan bakar minyak (BBM), Jumat (15/8/2014) dini hari sekitar pukul 01.00 WIT, meledak dan terbakar di pelabuhan Anggrem Manokwari, Papua Barat.

Kapal yang mengangkut 15 ton gas oil dan 30 ton gasolin ini meledak dan terbakar dalam perjalanan menuju Wasior, Kabupaten Teluk Wondama, Papua Barat. Dugaan awal, penyebab meledaknya kapal dengan 8 anak buah kapal itu adalah percikan api dari kamar mesin.

Akibat kejadian ini, tiga anak buah kapal dilarikan ke unit gawat darurat RSUD Manokwari dan 5 awak yang lain belum diketahui keberadaannya.

Tiga ABK, yang menderita luka bakar adalah Risman, Yasman, dan nahkoda kapal, La Paku. Risman mengalami luka bakar sekitar 99,9 persen, La Paku mengalami luka bakar sekitar 63 persen, dan Yasman 36 persen.

“Untuk tindakan awal, kami langsung memasang infus dan berikan tambahan cairan serta menyuntik anti infeksi,” terang dokter jaga RSUD Manokwari, Feytie M Mawey. Nyala api KM Restu Ilahi dipadamkan setelah lima jam terbakar.

Sesudah api padam, kapal didorong keluar pelabuhan dan menjauhi pemukiman. Belum ada keterangan resmi tentang kerugian akibat insiden ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com