Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aktivitas Kegempaan Gunung Slamet Naik Ratusan Kali Sehari

Kompas.com - 09/08/2014, 12:06 WIB
Ari Himawan Sarono

Penulis

PEMALANG, KOMPAS.com — Aktivitas kegempaan Gunung Slamet yang terus mengalami kenaikan masih terekam dari pos pengamatan di Desa Gambuhan, Pemalang, Jawa Tengah.

Data dari pos pengamatan, dalam 24 jam terakhir hingga Sabtu (9/8/2014) pukul 06.00 WIB, Gunung Slamet mengalami 535 gempa embusan dan tujuh kali letusan abu vulkanik dengan ketinggian 200-800 meter.

Menurut Ketua Pos Pengamatan Gunung Slamet, Sudrajat, kenaikan aktivitas sementara hanya terjadi pada gempa embusan atau permukaan, sementara dari sisi letusan abu vulkanik masih relatif sama dibandingkan dengan beberapa hari sebelumnya.

"Naiknya sampai 141 kali dalam sehari, namun ini dari semua pemantauan. Gunung Slamet masih fluktuatif, artinya bisa naik bisa turun aktivitasnya," kata Sudrajat.

Sudrajat menambahkan, dari sisi pengamatan visual, Gunung Slamet yang masih berstatus Waspada itu melontarkan lava pijar disertai sinar api sebanyak delapan kali. Selain itu, Gunung terbesar se-Pulau Jawa ini mengeluarkan suara dentuman sebanyak tiga kali dan 12 kali gemuruh yang terdengar hingga radius 10 kilometer.

"Aktivitas Slamet ini disebabkan adanya peningkatan magma dalam perut gunung. Meski demikian, warga diimbau melakukan aktivitasnya seperti biasa," kata Sudrajat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com