Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dahulu, Risma Sebenarnya Bercita-cita Jadi Dokter

Kompas.com - 06/08/2014, 18:56 WIB

YOGYAKARTA, KOMPAS.com — Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini menuturkan impian yang pernah dimilikinya waktu kecil. Menurut Risma, dia tidak pernah berpikir jadi seorang wali kota atau pemimpin seperti saat ini. Lantas, apa cita-citanya dahulu?

Dahulu, Risma kecil bercita-cita menjadi seorang dokter.

"Sebenarnya saya waktu kecil ingin jadi dokter. Banyak anak kecil yang ingin jadi dokter, kan," kata perempuan kelahiran 20 November 1961 itu saat menjadi pembicara di hadapan mahasiswa baru Universitas Sanata Dharma, Yogyakarta, Rabu (6/8/2014).

Namun tentu saja, nasib berkata lain. Alih-alih menjadi tenaga medis, Risma meraih gelar pendidikan tinggi di bidang teknik.

Risma pun merintis karier di birokrasi, dan sempat menjabat sebagai Kepala Dinas di sejumlah lembaga pemerintahan di Ibu Kota Jawa Timur. Lantas ia menjadi perempuan pertama yang pernah memegang jabatan Wali Kota Surabaya pada 2010.

Jika kelak sudah tak duduk di pemerintahan, Risma mengaku ingin bekerja sebagai pengajar. "Kalau sudah (tidak memegang jabatan publik), saya mungkin akan mengajar," kata perempuan yang pernah santer diisukan berniat mengundurkan diri dari jabatan Wali Kota Surabaya itu.

-------------------------------------------------------------------
Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini akan menjadi pembicara pada Asia Pacific Media Forum (APMF) 2014 di Bali, 18-20 September 2014. Info lengkap mengenai APMF dapat dilihat di www.apmf.com.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com