Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Warga Solo Hapus Gambar dan Copot Bendera ISIS

Kompas.com - 05/08/2014, 13:25 WIB
Kontributor Surakarta, M Wismabrata

Penulis


SOLO, KOMPAS.com — Warga dan aparat membersihkan gambar dan mencopot bendera simbol kelompok Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) yang berada di Kota Solo dan sekitarnya, Selasa (5/8/2014). Salah satunya, bendera berukuran 2 x 1 meter yang terpasang di pos ronda di Mondokan, Purwosari, Laweyan, Solo.

Menurut Kapolsek Laweyan Solo Kompol Edi Wibowo, petugas kepolisian mendapat kabar dari warga terkait bendera tersebut. Setelah petugasnya mengecek, warga melakukan penurunan bendera ISIS tersebut.

“Dari informasi yang diperoleh, bendera tersebut awalnya tidak besar dan banyak warga yang tidak tahu bendera apa. Lalu saat ini sudah kita amankan karena warga sudah resah,” katanya saat dihubungi.

Dalam kegiatan tersebut, petugas mengamankan satu bendera dan satu spanduk plastik bergambar logo ISIS.

Edi menambahkan, petugas juga melakukan sosialisasi kepada masyarakat terkait bahaya ajaran yang dibawa kelompok tersebut.

“Kita juga ajak beberapa tokoh agama dan masyarakat untuk mengajak warga agar kritis dan tidak mudah terhasut,” katanya.

Sementara itu, dari informasi yang diperoleh, warga di sekitar Tipes, Solo, pada jam yang sama, juga melakukan pembersihan gambar ISIS di tembok yang berada di sekitar pusat perbelanjaan di Solo bagian selatan, berbatasan dengan Sukoharjo.

Beberapa bendera ISIS yang semula sempat berkibar di daerah Semanggi, Solo, juga sudah mulai diturunkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com