Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ingin Mudik Cepat, Warga Rela Menyatu dengan Sapi dalam Kapal

Kompas.com - 21/07/2014, 10:50 WIB
Kontributor Pamekasan, Taufiqurrahman

Penulis


PAMEKASAN, KOMPAS.com — Puluhan warga Pamekasan, Jawa Timur, Senin (21/7/2014), mudik dengan menggunakan perahu motor dengan tujuan ke Kabupaten Probolinggo. Mereka terpaksa satu ruangan dengan puluhan ekor sapi. Sapi-sapi tersebut hendak dijual ke Probolinggo dan kabupaten lainnya di sekitar Probolinggo.

Muhammad Badrianto, salah satu pemudik, mengatakan, mudik dengan menggunakan perahu motor lebih singkat waktunya jika dibandingkan dengan perjalanan darat, walapun harus berkumpul dengan ternak sapi milik pedagang yang hendak dijual ke Jawa.

"Kalau naik perahu hanya 3 jam, sedangkan perjalanan darat bisa 7 jam," kata Badriyanto.

Selain perjalanan lebih singkat, ongkos perjalanan juga lebih murah. Dengan menggunakan perahu, ongkos yang dikeluarkan hanya Rp 10.000, sedangkan ongkos perjalanan darat bisa sampai Rp 60.000. Tidak hanya itu, dengan menggunakan perahu motor, pemudik masih bisa membawa sepeda motor walaupun harus menambah ongkos.

"Satu motor dan satu orang pemiliknya, ongkosnya sama dengan dua orang," katanya.

Mudik menggunakan perahu motor menjadi alternatif sebagian warga di pesisir selatan Pamekasan walaupun harus berkumpul dengan sapi. Sebab, perahu motor awalnya tidak digunakan untuk mengangkut warga, tetapi hanya untuk mengangkut sapi. Namun, belakangan, warga semakin tertarik untuk menggunakan transportasi laut untuk mudik.

"Mungkin karena lebih ekonomis dan lebih singkat perjalanan, warga semakin tertarik menggunakan perahu motor," ungkap Satrawi, pedagang sapi lintas Madura-Jawa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com