Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sultan HB X: Siapa Pun yang Menang, Saya Ucapkan Selamat

Kompas.com - 21/07/2014, 10:42 WIB
Kontributor Yogyakarta, Wijaya Kusuma

Penulis


YOGYAKARTA, KOMPAS.com — Satu hari lagi, tanggal 22 Juli 2014, Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan mengumumkan hasil rekapitulasi Pemilu Presiden 2014. Raja Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat, yang juga Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono (HB) X menyampaikan selamat kepada pasangan capres dan cawapres yang menang.

"Siapa pun yang menang, saya mengucapkan selamat," ucap Sri Sultan HB X saat ditemui seusai memimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Progo 2014 di Alun-alun Utara Yogyakarta, Senin (21/7/2014) pagi.

Sultan HB X meminta siapa pun yang nantinya menang dalam pilpres agar jangan "umuk" dan yang kalah tidak boleh "ngamuk". Apa pun hasil yang diumumkan oleh KPU pusat, masyarakat maupun para pendukung pasangan capres dan cawapres harus dapat menerimanya dengan legowo. Masyarakat pendukung yang menang pun tidak perlu merayakan dengan hura-hura. 

"Seperti yang saya sampaikan, masyarakat pendukung yang proposional saja, jangan hura-hura," ujarnya.

Raja Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat tersebut menilai, masyarakat Yogyakarta sudah terdidik dan cerdas menyikapi hasil pilpres sehingga tidak perlu melakukan aktivitas ataupun kegiatan yang menganggu keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas).

"Siapa pun yang nantinya menjadi pemimpin harus mampu menyejahterakan seluruh rakyat dan merealisasikan janjinya demi rakyat," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com