Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Transaksi Tebus Barang di Pegadaian Naik 25 Persen

Kompas.com - 19/07/2014, 13:52 WIB
Kontributor Bireuen, Desi Safnita Saifan

Penulis


BIREUEN, KOMPAS.com - Menjelang Hari Raya Idul Fitri 1435 H, transaksi penebusan di Pegadaian Cabang Bireuen naik mencapai 25 persen. Sebaliknya, transaksi kredit turun hingga 25 persen.

Sebagian besar barang yang ditebus adalah emas dan kendaraan bermotor karena barang-barang tersebut digunakan saat berlebaran.

Kepala Cabang Pegadaian Syariah Bireuen, Lutfi Zamri, SE, mengatakan seperti Ramadhan tahun pada H-10 Lebaran, transaksi tebus mengalami peningkatan signifikan dibanding kredit atau menggadaikan barang.

”Selain kebutuhan digunakan saat Lebaran, mayoritas PNS yang menjadi pelanggan tetap pegadaian sedang memperoleh gaji ke-13 sehingga bisa menebus kembali barang mereka,” jelasnya.

Permintaan kredit akan kembali naik setelah H+10 Lebaran. Saat itu warga kembali menggadaikan barang mereka. ”Kalau jelang Lebaran banyak yang menebus. Sebaliknya setelah Lebaran nanti transaksi gadai akan kembali meningkat,” tambah Lutfi.

Untuk cabang maupun lima unit yang membawahi Pegadaian Syariah Cabang Bireuen, Lutfi, mengaku umumnya emas menjadi barang utama kredit yang digunakan warga. Di mana nilai taksir untuk jenis emas akan disesuaikan dengan harga pasar.

”Berkat kegigihan karyawan jemput bola transaksi kredit masyarakat yang jatuh tempo, alhamdulilah dua tahun ini kita nihil lelang,” tandasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com