Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kabel Navigasi Bandara Internasional Lombok Dicuri

Kompas.com - 15/07/2014, 11:55 WIB
Kontributor Mataram, Karnia Septia

Penulis


MATARAM, KOMPAS.com - Kabel alat bantu navigasi atau Deppler Very High Frekuensi Omni Direktional Range (DVOR) milik Bandara Internasional Lombok (BIL) dicuri. Akibat pencurian ini, sistem navigasi pesawat dari dan menuju bandara sempat mati.

"Saya mendapatkan laporan bahwa kabel alat navigasi kita dicuri oleh orang yang tidak bertanggungjawab Jumat malam sekitar pukul 23.00 Wita," kata GM PT Angkasapura I BIL Pujiono, Selasa (15/7/2014).

Menurut Pujiono pelaku diduga masuk dengan cara merusak pagar dan mengergaji kabel navigasi yang telah ditanam di dalam tanah. Kabel alat navigasi sepanjang 100 meter yang berada di sebelah Timur bandara pun hilang.

Akibat kejadian ini, alat navigasi bandara yang berfungsi untuk memandu pesawat sempat mati. Pujiono menyayangkan karena kabel yang dicuri merupakan objek vital yang sangat mempengaruhi lalu lintas pesawat udara baik dari maupun menuju BIL.

Tidak menutup kemungkinan akan terjadi kecelakaan antar pesawat, karena navigasi inilah yang digunakan pilot sebagai alat petunjuk saat melakukan penerbangan.

"Jika ini rusak, ini sangat fatal dan dapat mengakibatkan bandara tutup untuk sementara waktu," kata dia.

Beruntung kejadian ini cepat diketahui dan diantisipasi oleh pihak angkasapura. Untuk sementara waktu, pihak bandara menggunakan batre cadangan untuk mengaktifkan alat navigasi, hingga kerusakan kabel diperbaiki.

"Karena bandara ini merupakan objek vital dan diandalkan semua orang, saya menghimbau kepada masyarakat setempat untuk ikut menjaganya. Apalagi sebentar lagi akan lebaran dan musim haji," kata Pujiono.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com