Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polisi Kawal Ketat Dua Titik Basis Massa Parpol di Jogja

Kompas.com - 07/07/2014, 16:15 WIB
Kontributor Yogyakarta, Wijaya Kusuma

Penulis

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Mengantisipasi terjadinya gangguan keamanan selama rangkaian pelaksanaan pemilihan presiden 2014, baik saat pencoblosan maupun penghitungan suara, Polda DI Yogyakarta khusus mengawasi dua basis partai politik di Yogyakarta.

Berdasarkan pengalaman selama ini, dua basis massa partai politik tersebut telah lama berseteru. "Kalau saya identifikasi permasalahan di Jogja tak sampai tim sukses, hanya revalitas antara dua massa partai politik. Rivalitas itu sudah sejak lama terjadi," ucap Kepala Polda DIY Brigjen Pol Haka Astana, Senin (7/7/2014).

Haka Astana mengaku sejak dia duduk dibangku SMP di Yogyakarta, dua basis massa partai politik ini sudah berseteru. Kawasan Parkir Ngabean, Kota Yogyakarta menjadi tempat yang sering terjadi gesekan antara dua massa partai politik.

"Tahun 71 saya masih SMP juga sudah terjadi. Tahun 97 saya sudah di sini juga masih dan sampai sekarang," tegas Haka.

Maka, dalam rangka mengantisipasi terjadinya gangguan keamanan itu, Polda DIY menyiapkan pengawasan dan pengamanan khusus di dua lokasi itu.

Sebelumnya, selama masa kampanye terbuka terjadi beberapa gesekan antar dua massa pendukung partai politik di Yogyakarta. Bahkan, dalam kampanye Pilpres 2014 lalu, satu hari terjadi delapan gesekan antara dua kelompok itu.

"Titik-titik rawan sudah kita petakan. Polri bersama TNI serta pihak terkait siap menyukseskan jalanya Pilpres 2014," kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com