Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kampanye "AntiGolput", Mahasiswa di Lampung Jalan Kaki

Kompas.com - 02/07/2014, 17:57 WIB
Kontributor Lampung, Eni Muslihah

Penulis

BANDARLAMPUNG, KOMPAS.com - Mahasiswa mengajak masyarakat di Lampung untuk menggunakan hak pilih dan tidak "golput" sebagai bentuk pertanggungjawaban anak bangsa.

Puluhan mahasiswa yang tergabung dalam barisan tegakkan mandat (Bersama Kita) menyampaikan pesan itu dengan berjalan kaki sepanjang dua kilometer menuju Tugu Adipura Bandarlampung, Rabu (2/7/2014).

Selain anjuran untuk tidak "golput", mahasiswa ini juga mengajak masyarakat Lampung memilih pemimpin yang jelas rekam jejaknya, serta telah terbukti kepiawaiannya dalam menyejahterakan masyarakat.

"Jangan sampai kita memilih pemimpin yang belum jelas track-record-nya," kata Koordinator Lapangan Nofra.

Dalam aksi tersebut, mahasiswa menggelar aksi teaterikal yang menggambarkan pengusaha dan kelompok asing kerap membeli masyarakat ekonomi menengah ke bawah dalam membeli suara untuk kemenangan salah satu calon.

Sementara itu, menjelang pelaksanaan Pilres 2014, KPUD Lampung menetapkan daftar pemilih khusus (DPK) sebanyak 22.338 pemilih dan untuk Pilpres saat ini menjadi 10.961.

"DPK kita berkurang separo dari 22.338 DPK pada pileg, sekarang hanya 10.961 pemilih yang masuk DPK pilpres. Pengurangan terbanyak di kota Bandar Lampung," kata Ketua Pogja Pemutakhiran Data, Firman Seponada.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com