Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pendukung Rustriningsih Tegaskan Tetap Pilih Jokowi-JK

Kompas.com - 02/07/2014, 16:07 WIB
Kontributor Semarang, Puji Utami

Penulis


SEMARANG, KOMPAS.com - Para pendukung Rustriningsih tetap memberikan dukungan pada pasangan capres dan cawapres Jokowi-JK meski mantan Wakil Gubernur Jawa Tengah itu berencana mendukung pasangan Prabowo-Hatta.

Relawan Bolo Rustri dan Sedulur Rustri, Daniel Teguh Ismanto mengatakan pihaknya kecewa dengan langkah Rustri yang mengesampingkan ideologi dalam mendukung capres. Sebab itu, para kelompok yang tergabung menjadi relawan Rustri ini direncanakan akan melakukan deklarasi mendukung Jokowi-JK di sejumlah daerah.

"Deklarasi ini merupakan bentuk kekecewaan kami. Dalam tataran ideologi, saya agak kaget dan tidak menyangka Bu Rustri meninggalkan PDIP dengan drastis. Apalagi hari ini dikabarkan Bu Rustri akan mendampingi cawapres Hatta Rajasa keliling di Jateng," katanya, Rabu (2/7/2014).

Ratusan relawan yang berasal dari Jateng bagian Tengah, meliputi Kabupaten Banyumas, Banjarnegara, Temanggung dan Wonosobo, itu akan melakukan deklarasi pertama, Kamis (3/7/2014). Deklarasi akan digelar terpusat di Banjarnegara.

Deklarasi kedua yakni oleh relawan wilayah Jawa Tengah Selatan yang terdiri atas Kebumen, Magelang, Salatiga dan Purworejo. Deklarasi ini akan digelar di Kebumen pada Jumat (4/7/2014) mendatang.

Daniel mengatakan politik memang pilihan masing-masing, namun menurutnya Rustri merupakan kader yang juga telah dibesarkan PDIP. Rustri diketahui telah dua kali menjabat kepala daerah, Bupati Kebumen dan Wakil Gubernur Jateng dari PDIP. Menurut dia, dukungan Rustri pada Prabowo-Hatta ibarat kacang lupa pada kulitnya.

"Bu Rustri itu salah satu kader terbaik PDI-P selain mas Ganjar dan Jokowi, saya menyesalkan mengapa malah membelot dari PDI-P," katanya.

Terkait hal ini, dia mengaku sudah mendengar banyak keluhan dan kekecewaan serupa dari para pendukung Rustri di Jawa Tengah. Ia mengaku sudah berkeliling di Banyumas, Brebes, Magelang dan sejumlah daerah lain dan para pendukung di daerah itu mengaku kecewa.

Daniel menyatakan seharusnya Rustri sebagai kader tetap menunjung tinggi keputusan partai.

"Ini konteks dukunganya adalah eskalasi nasional bukan politik regional. Kalau masih hormat pada partai, Bu Rustri seharusnya tetap dukung Pak Jokowi di Pilpres ini," tandasnya.

Rustriningsih dinilai telah membelot dari PDI Perjuangan dan berencana akan mendukung pasangan Prabowo-Hatta. Bahkan tersiar kabar bahwa Rustri akan memberikan dukungan dan pernyataan secara resmi di kediamannya di Kebumen Jawa Tengah pada Kamis (3/7/2014). Acara itu direncanakan juga akan dihadiri cawapres Hatta Rajasa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com