Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Suporter Persib Diterjunkan sebagai Pasukan Penjaga Perempatan

Kompas.com - 30/06/2014, 19:34 WIB
Kontributor Bandung, Putra Prima Perdana

Penulis


BANDUNG, KOMPAS.com - Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil, mengatakan, Heru Joko, Ketua Umum Viking Persib Fans Club, suporter pendukung klub Persib Bandung, telah mengutus 500 orang anggotanya untuk menjadi Pasukan Penjaga Perempatan.

Menurut pria yang akrab disapa Emil ini, mereka merupakan tambahan personel untuk Pasukan Penjaga Perempatan berompi merah yang bertugas menangani masalah sosial di sejumlah perempatan jalan di Kota Bandung yang dianggap rawan tindak kejahatan dan pelanggaran ketertiban itu.

"Sekarang ada tambahan dari Pramuka dan Viking. Kang Heru Joko menawarkan 500 anggotanya untuk membantu di weekend saja selama 4 jam," kata Emil di Balai Kota Bandung, Senin (30/6/2014).

Emil menambahkan, jumlah pasukan penjaga perempatan yang ada saat ini tidak seimbang dengan pertambahan jumlah PMKS, gelandangan serta pengemis di Kota Bandung. Pasalnya, disinyalir selama bulan Ramadhan 1435 hijriah ini Kota Bandung diserbu ribuan pengemis dari luar kota.

"Karena memang catatan di lapangan banyak yang kewalahan mengatasi jumlah gelandangan pengemis dengan jumlah penjaga yang lebih sedikit," ujarnya.

Sementara itu, jika sebelumnya ada 26 perempatan yang dijaga oleh pasukan berompi merah, nantinya akan dikerucutkan menjadi hanya 15 perempatan utama.

"Karena petugasnya tidak cukup untuk menghandle pengemis yang banyak, sekarang kita kurangi dan fokus di 15 titik dulu. Mudah-mudahan awal minggu ini bisa segera ditempatkan dengan adanya tambahan bantuan dari masyarakat," pungkas Emil.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com